oleh

Wakapolda Lampung Launching Desa Tangguh Nusantara di Lamtim

RADARLAMPUNG.CO.ID-Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah penyebaran covid-19.

Itu disampaikan Wakapolda Lampung Brigjend Sudarsono saat lounching Desa Tangguh Nusantara di Desa Braja Luhur Kecamatan Brajaselebah Kabupaten Lampung Timur, Selasa (25/8).

Brigjend Sudarsono saat menyampaikan sambutan Kapolda Lampung Irjend Purwadi menjelaskan, peran serta masyarakat Desa Brajaluhur dalam mencegah covid-19 patut mendapat apresiasi. “Peran masyarakat sangat penting dalam mencegah pandemi covid-19;”ujarnya dalam acara yang juga dihadiri Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan, Dandim 0429 Letkol M.Darwis dan jajaran Forkopimda.

Kesempatan yang sama Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan berharap, desa-desa lain di Lamtim dapat mencontoh Desa Brajaluhur dalam pencegahan covid-19 dan upaya memperkuat  perekoniam masyarakat di masa pandemi.

Senada disampaikan Sekretaris Kabupaten Lamtim Syahrudin Putera. Menurutnya, guna mencegah pandemi covid-19, Pemkab Lamtim telah membentuk tim gugus tugas dari tingkat kabupaten hingga desa.

Sementara Kades Brajaluhur Supratikno menjelaskan, guna mencegah covid-19, di desanya terdapat rumah isolasi dan alat pelindung diri dan setiap warga memiliki alat pencuci tangan di depan rumah.

Dilanjutkan, setiap warga yang baru bepergian dari luar daerah dilarang bertemu keluarga sebelum jalani isolasi di rumah isolasi. Kemudian, pendatang dari luar daerah juga harus menjalani isolasi dan karantina. Untuk menjaga ketertiban keamanan Desa Brajaluhur memiliki rumah Bhabinkamtibmas satu atap.

Sementara, untuk memperkuat perekonomian masyarakat di masa pandemi, desanya memiliki lumbung pangan. Selain itu, masyarakat juga diberdayakan untuk menanam tanaman pangan di pekarangan. Selain itu, masyarakat juga memberdayakan pekarangan untuk kolam ikan dan peternakan. “Stok pangan mencukupi untuk seluruh masyarakat,”terang Supratikno. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi