oleh

Tambang Ilegal Beroperasi, Apa Daya Pemkab Tak Berwenang Ambil Tindakan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Meski tidak memiliki izin, sejumlah tambang galian C di Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat tetap beroperasi. Terkesan tidak ada tindakan dari dinas terkait untuk menghentikan kegiatan ilegal tersebut.

Dampak yang terlihat, air di Way Laay tidak lagi jernih. Bahkan salah satu lokasi pengerukan pasir serta batu berdekatan dengan pemukiman dan jalan raya.

Kabag Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Pemkab Lambar Eric Enrico mengungkapkan, berdasar UU Nomor 23/2014, pemberian izin pertambangan rakyat (IPR) bukan lagi menjadi kewenangan pemerintah kabupaten. Ini menjadi ranah provinsi.

”Terkait dengan aktivitas beberapa lokasi galian yang ada di Pekon Kubuperahu tersebut, sebenarnya tim ilegal mining dari Dinas Lingkungan Hidup Lampung sudah sidak awal tahun lalu,” kata Eric Enrico.

Hasil sidak, ditemukan penambangan yang izinnya sudah habis. Bahkan ada yang tidak memiliki izin sama sekali.

”Katanya akan ditindaklanjuti dan digelar pertemuan lebih lanjut di provinsi. Namun hingga saat ini kami belum mendapatkan undangannya,” sebut dia.

Pada bagian lain Eric mengungkapkan, pemkab tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penutupan sementara.

“Itu kewenangan provinsi, bukan pemerintah kabupaten. Namun yang jelas, kami tetao mendorong provinsi untuk menyelesaikan persoalan izin tambang galian C,” tegasnya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi