oleh

Bantuan Rp600 ribu Besok Bakal di Cairkan, Ini Tanggapan Kepala BPJS TK Bandarlampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah, mengatakan bantuan Rp600 rubu per karyawan yang memiliki penghasilan  dibawah Rp5 juta per bulan dan terdaftar aktiv di BPJS Ketenagakerja bakal dicairkan besok.

Melansir laman detikcom Rabu (26/8),  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merilis program bantuan Rp 600 ribu buat pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta pada Kamis 27 Agustus.

“Mudah-mudahan besok Pak Presiden sudah me-launching program ini dan kami segala sesuatunya sudah kami siapkan,” kata Ida ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (26/8).

Ida menjelaskan dalam sepekan terakhir, pihaknya sudah menyiapkan semua hal terkait implementasi program bantuan Rp 600 ribu untuk pekerja yang menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Pada Senin 24 Agustus, pihaknya sudah menerima data calon penerima bantuan yang sudah tervalidasi sebanyak 2,5 juta orang dan masuk batch pertama. Begitu dirilis, maka bantuan Rp 600 ribu langsung ditransfer ke rekening mereka. Calon penerima yang totalnya ada 15,7 juta orang mendapatkan bantuan secara bertahap dibagi beberapa batch.

“Mudah-mudahan setelah data ini batch pertama ini datanya sudah ada kesesuaian, begitu di-launching maka begitu juga langsung akan kami transfer,” sebutnya.

Ida juga menjelaskan tertundanya peluncuran program bantuan Rp 600 ribu yang semula direncanakan 25 Agustus kemarin. “Sebenarnya tanggal 25 rencana launching, bukan rencana transfer,” tambah dia.

Sementara di Lampung, hingga saat ini urung diketahui berapa banyak yang mendapatkan bantuan. Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Bandarlampung, Widodo menegaskan pihaknya hanya diminta untuk melakukan collecting data peserta yang bergaji dibawah Rp5 juta dan masih aktif sampai Juni untuk melengkapi rekening peserta. Untuk kemudian diserahkan ke pemerintah.

“Itu saja. Yang membayar pemerintah, bukan melalui kami. (Pencairan) Belum tahu ya, saya baca berita nasional besok diserahkan Presiden secara simbolis. Untuk Lampung yang akan dapat berapa tidak tahu, kami hanya menyerahkan rekening bank aktiv peserta kita,” tambahnya.

Hingga saat ini, sudah ada 151.324 rekening karyawan yang tervalidasi. Namun jumlahnya masih bisa bertambah.

“Jadi yang sudah ada datanya berpotensi dapat (bantuan) sudah masuk 151.324, dan yang nggak ada datanya gimana mau dapat. Tapi masih bisa mengurus (pengajuan rekening) sampai 31 Agustus, tadinya kan cuma sampai 25 Agustus,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi