oleh

Poltekes Gandeng TP PKK Provinsi Lampung Gelar Gerakan Pembagikan Sejuta Masker

RADARLAMPUNG.CO.ID – Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementrian Kesehatan Tanjungkarang menyelenggarakan gerakan membagikan sejuta masker bagi masyarakat Indonesia dari Kementrian Kesehatan, Kamis (27/8).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Pemprov Lampung Riana Sari Arinal, Direktur Poltekkes Tanjungkarang Warjidin Aliyanto, SKM, M.Kes., Kepala Bidang Kesmas Dinkes Lampung Uki Basuki, dan seluruh staff dosen serta mahasiswa Poltekkes.

Riana menerangkan, kegiatan ini merupakan amanah dari ketua umum PKK untuk mensukseskan, melaksanakan, serta mensosialisasikan kepada masyarakat program gebrak masker. Serta gagasan dari Kementrian Kesehatan melalui Poltekes Lampung.

“Tentunya saya sangat bangga. Sangat terharu. Karena semua elemen men-support dan bergerak dalam pemutusan rantai Covid-19 ini,” ucap Riana.

Dia menerangkan, dalam kegiatan itu pihaknya bukan hanya membagikan masker di jalan. Namun sekaligus mengedukasi rumah ke rumah untuk mensosialisasikan masyarakat pentingnya memakai masker dalam adaptasi kebiasaan baru ini. Serta mengajak selalu menerapkan 4M: memakai masker; mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir; menjaga jarak; dan menghindari kerumunan.

“Kami berharap dengan kesadaran masyarakat untuk lebih menyadari aturan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, kita dapat bergandengan tangan bersama-sama mencegah penularan Covid-19 ini dan berharap Covid-19 ini segera berakhir agar kita dapat melakukan aktivitas kembali seperti biasa,” ucapnya.

Sementara, Warjidin menerangkan, kegiatan ini merupakan kegiatan nasional yang diadakan di seluruh Indonesia secara serentak. Dengan harapan dapat menjadi salah satu upaya untuk lebih cepat menyudahi pandemi ini. Juga memutus rantai penularan dengan terus berpegang teguh dengan protokol kesehatan.

Dan untuk di Bandarlampung, kata dia, kegiatan gerakan sosial pembagian masker dilakukan di 3 titik. Yaitu Tugu Adipura, Pasar Pasir Gintung, dan komplek perumahan padat penduduk di sekitar Pasar Pasir Gintung.

Lalu, Uki Basuki mengatakan, pembagian masker secara nasional dan serentak di Indonesia ini merupakan gagasan dari Kementrian Kesehatan, dan untuk Bandarlampung diwakili oleh Poltekes. Dengan didukung penuh Ketua PKK Provinsi Lampung.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap anjuran penerapan protokol kesehatan. Seperti selalu menggunakan masker setiap berkegiatan di luar rumah dan menerapkan anjuran protokol kesehatan lainnya agar pandemi Covid-19 ini segera dapat kita akhiri,” tukasnya. (hyu/sur)

Komentar

Rekomendasi