oleh

Ini Cara Kawanan Bandit Bobol ATM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kawanan pembobol ATM yang diamankan tim Opsnal Polsekta Telukbetung Selatan diduga sudah beberapa kali beraksi di Bandarlampung.

Kapolresta Bandarlampung Kombes Yan Budi Jaya mengatakan, komplotan yang ditangkap Rabu (26/8) ini, setidaknya sudah lima kali beraksi.

“Pelaku merupakan sindikat yang sudah beraksi beberapa kali. Tercatat di kita, sebanyak lima laporan. Yaitu di SPBU TbS, wilayah Kedaton, Sukarame dan Tanjungkarang Pusat. Mereka pernah ditangkap di Lampung Selatan,” kata Yan Budi dalam ekspose di Mapolsekta Telukbetung Selatan, Jumat (28/8).

Yan Budi yang didampingi Kapolsekta TbS Kompol Hari Budi Yanto mengungkapkan modus yang digunakan tersangka adalah mengganjal tempat keluar uang atau exit shutter dengan menggunakan penjepit.

Mereka menggunakan ATM sendiri yang berisi uang Rp1,2 juta. Kemudian menekan jumlah yang hendak ditarik.

“Saat pintu uang terbuka, satu pelaku langsung mengganjalnya menggunakan pinset. Kemudian pelaku lain mematikan aliran listrik. Uang keluar, namun saldo di-ATM tetap utuh,” urainya.

Dari sini, kawanan bandit asal Tanggamus tersebut beraksi lagi dengan menggunakan ATM lain.

“Kita kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan. Untuk pihak bank, diharapkan bisa menempatkan petugas keamanan. Sewaktu-waktu terjadi, dengan cepat bisa berkoordinasi agar bisa di-lidik,” tegasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi