oleh

RAB Masih Jadi Kendala Pencairan Dana Kelurahan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dana Kelurahan tahun 2020 tahap satu mulai disalurkan. Hanya saja, masih ada beberapa kelurahan yang mesti memperbaikan Rancangan Anggaran Biaya (RAB), sebagai syarat cairnya dana tersebut. Salah satunya Kelurahan Labuhanratu.

Menurut Lurah Labuhanratu Mardani, saat ini pihaknya tengah melakukan perhitungan kebutuhan matrial dan biaya yang dikeluarkan dalam RAB yang disusun. “Supaya uang yang dikeluarkan sesuai. Sebab masih ada yang salah, jadi lagi kita perbaiki,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (28/8).

Tentu menurutnya, perlu dilakukan pelatihan perhitungan dalam perancangan RAB untuk mempermudah proses pencairan.

“Memang belum ada pelatihan khusus tentang rumus dan hitung-hitungannya. Sehingga perlu adanya pelatihan khusus, semisal kelurahan-kelurahan per kecamatan,” ucapnya.

Yang cukup disesalkannya, jika tahun lalu Bappeda membuka posko bimbingan, tahun ini tidak ada. “Mungkin karena Covid-19, jadi harus cari konsultan sendiri. Kalau tahun lalu pada pencairan Dana Kelurahan pertama ada posko bimbingan,” terangnya.

Untuk pembangunan fisik yang dilakukan di Labuhanratu sendiri, diungkapkan Mardani ada tiga: pembangunan rabat beton, talud, dan gorong-gorong.

Di mana untuk, rabat beton dilakukan di Lingkungan 01, tepatnya di RT 2 ,3, 4, 5, 6, dan 9. Di Lingkungan 02 (RT 1, 2, 8, 9, dan 11). Kemudian untuk talud dibangun di Lingkungan 01 di (RT 2, 3, dan 7) serta Lingkungan 02 (RT 2, 6, 7, 9, dan 10).

“Untuk gorong-gorong ada di Lingkungan 02, tepatnya di RT 8 dan di Lingkungan 02 ada di RT 07. Kita optimis dalam waktu dekat dana tersebut segera masuk ke rekening kelurahan untuk segera direalisasikan,” tuturnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi