oleh

Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran Ikuti Bimbingan Teknis

Radarlampung.co.id – Lembaga Pengkajian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Lampung (LP3M UML) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Penyusunan APBD Tahun 2021 bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesawaran Lampung.

Dengan mengusung tema Pembahasan Sistem Penyusunan APBD Tahun 2021 Sesuai Permendagri No.90 Tahun 2019 Serta Kebijakan dan Gambaran Pergeseran Anggaran Kegiatan untuk Mendukung Program Tanggap Covid-19.

Seluruh pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesawaran periode 2019-2024 mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) legislatif yang berlangsung di Hotel Emersia Bandarlampung.

Rektor UML Dr. Dalman memberikan peluang beasiswa khusus bagi seluruh anggota DPRD Kabupaten Pesawaran yang ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang Sarjana (S1).

“Tentunya beasiswa dari UML ini akan diberikan atas dasar rekomendasi dari Ketua DPRD Pesawaran. Adapun 12 prodi yang dapat dipilih khususnya prodi ilmu pemerintahan, ilmu komunkasi atau bahkan prodi psikologi,”ungkapnya, Sabtu (29/8).

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, M. Nasir mengatakan, bimtek tersebut diadakan selama tiga hari mulai 27-29 Agustus. Bmtek ini, terselenggara atas kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M).

“Ada banyak materi yang dapat diaplikasikan oleh anggota Legislatif, salah satunya adalah tentang mekanisme sistem penyusunan APBD tahun 2021 yang dasar hukumnya adalah UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Lalu, PP No. 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, serta Permendagri No. 90 tentang klasifikasi, kodefikasi, nomenklatur perencanaan pembangunan keuangan daerah,”ucapnya.

Selain itu, bimtek tersebut juga menjadi kebutuhan dalam menguatkan kinerja para pimpinan maupun anggota DPRD Kabupaten Pesawaran. “Ini sangat bagus dan memberikan banyak manfaat, terlebih bagi yang merupakan legislator baru di Bandarlampung,”imbuhnya.

Nasir juga mengajak seluruh jajarannya untuk memanfaatkan momen bimtek dengan baik. Ia berharap, seluruh jajaran DPRD Pesawaran kedepannya mampu menguasai tentang Sistem penyusunan APBD Tahun 2021.

Dalam pemaparan materi, membahas tentang isu strategis dalam hal penanggulangan kemiskinan, penataan kawasan ibu kota kabupaten, standar pelayanan minimal, ketahanan pangan, penanggulangan bencana, reformasi birokrasi, penataan destinasi wisata, dan nilai tambah daya saing pertanian. (rur/rls/yud)

Komentar

Rekomendasi