oleh

Guru Diminta Ciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan

 

Radarlampung.co.id – Satuan pendidikan yang berada di Wilayah I Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung belum mendapatkan izin untuk melaksanakan tatap muka. Hal tersebut tertulis dalam surat pemberitahuan Cabang Disdikbud Lampung Wilayah I nomor 800/128/V.01/DP.7A/2020. Kebijakan tersebut menyesuaikan dengan surat edaran Walikota nomor 420/1011/III.01/2020 tentang KBM dari Rumah.

Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung Suharto mengatakan, memang persyaratan untuk pembelajaranbtatap muka yang terakhir harus mendapatkan izin gugus tugas dari daerah setempat. Sehingga, pihaknya tetap melakukan pembelajaran jarak jauh.

“Kita ikuti aturannya. Jadi kita akan tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring,”ujarnya, Sabtu (29/8).

Untuk itu, ia mengimbau guru harus lebih berkreativitas lagi untuk menyampaikan materi pembelajaran ke peserta didik.

Ketua PGRI Lampung tersebut juga menuturkan, pihaknya sudah mengimbau kepada para guru, dari awal, mulai dari desain, strategi, dan model pembelajaran sudah dirancang. Guru telah diberi ruang untuk melakukan kreativitas maupun inovasi, sehingga pembelajaran daring bisa menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

“Setiap guru pasti punya cara dan strategi agar pembelajaran lebih efektif dan sekaligus tujuan proses pembelajaran di masa pandemi ini tercapai,”katanya.

Menurutnya, setiap guru memiliki metode pembelajaran yang berbeda-beda. Dasarnya menggunakan rumah belajar, guru bisa mengembangkan sesuai dengan standar kompetensi yang ingin disampikan kepada peserta didik. Guru dapat menggunakan zoom meeting, google meet, google classroom, maupun penugasan.”Metode yang digunakan tidak bisa ditentukan satu cara,”pungkasnya. (rur/yud)

Komentar

Rekomendasi