oleh

Penanganan Protokol Kesehatan oleh Kodim 0410/KBL kepada Masyarakat

Radarlampung.co.id – Masih dalam upaya mengantisipasi maraknya penyebaran virus Covid-19, Kodim 0410/KBL bersama Satgas penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 Kota Bandar Lampung terus melakukan Patroli Siang penegakan disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan.

Personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Pol PP Kota Bandar Lampung mengawali pelaksanaan kegiatan Patroli dengan mengadakan apel pengecekan yang dipimpin Pasi Ops Kodim 0410/KBL Kapten Inf Djafar bertempat di Kantor BPBD Jl. Kapten Piere Tendean No.2 Durian Payung Kec.Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung, Sabtu (29/08/2020).

Dalam pelaksanaannya Pasi Ops Kodim 0410/KBL menyampaikan ” Rencananya Perda tentang penindakan bagi pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan akan dikeluarkan oleh pemerintah Kota Bandar Lampung dengan demikian saat ini dalam pelaksanaan pelaksanaan patroli tetap mengedepankan humanis tidak arogansi serta tetap mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan yang lebih mudah untuk dipahami warga, karena penyebaran virus korona masih belum berakhir.” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Pasi Ops Kodim 0410/KBL mengatakan “Laksanakam tugas dengan penuh tanggung jawab, memperhatikan faktor keamanan peribadi dan setiap perbuatan maupun tindakan dilapangan kepada setiap anggota yang tergabung dalam Patroli penegakan protokol kesehatan agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat diterima di masyarakat dan dapat dipahami maksudnya”, pesannya.

Anita (23) warga Tanjung Seneng yang mendapatkan teguran dari Tim Satgas Gugus Tugas karena tidak memakai masker menyesal karena tidak memakai masker saat keluar rumah sehingga saya diberi hukuman menyanyikan lagu Indonesia raya dan memberi hormat, setelah diberikan keterangan oleh petugas Covid19, saya mengerti dan tidak akan mengulanginya lagi” sesalnya.

Sementara itu, Antisipasi penyebaran virus Corona (Covid19) dan Menanamkan kesadaran akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat Bandar Lampung, Kodim 0410/KBL bersama Satgas penanganan Covid-19 terus giatkan malaksanakan patroli malam penegakan disiplin protokol kesehatan di Wilayah Kota Bandar Lampung. Jum’at (28/8/2020) Malam.

Sebelum menjalankan patroli malam, personil yang tergabung dalam satgas Covid-19 dilakukan pemeriksaan kelengkapan Personil dan peralatan di posko kantor BPBD Jln Kapten Piere Tendean No.2 Durian Payung Kec Tanjung karang Pusat Kota Bandar Lampung.

Serka Aan Anggota Kodim 0410/KBL yang tergabung dalam Gugus tugas menyampaikan “Bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka penegakan disipil Kesehatan ini telah banyak mendapatkan apresiasi yang baik dari kalangan masyarakat dengan harapan kedepan penyebaran virus corana dapat cepat teratasi dengan baik karena penyebaranya sampai saat ini masih belum berakhir.”ungkapnya.

Lebih lanjut Personel Kodim 0410/KBL yang tergabung dalam Gugus tugas melakukan patroli di tempat-tempat keramian warga dan di Cafe-cafe yang berada di Kota Bandar Lampung.

Ditempat terpisah, Dengan belum berakhirnya Pandemi Covid-19, Kodim 0410/KBL bersama gugus tugas penanganan Covid-19 lebih meningkatkan keperdulian kepada warga masyarakat, yang mana Satgas Terpadu percepatan Penanganan virus Corona (Covid-19) melaksanakan pengamanan di Pos PAM Pasar Panjang, Sabtu (29/08/2020).

Para petugas percepatan penanganan Covid-19 terus memberikan himbauan kepada para pedagang dan masyarakat atau pembeli untuk selalu memakai masker, ujar Pelda Dwi Heri K.

Pada kesempatan yang sama, Serka Tri Miarto mengatakan “Satgas Terpadu percepatan Penanganan virus Corona (Covid-19) menekankan khususnya kepada pengendara kendaraan sepeda motor untuk tidak masuk area pedagang Pasar Panjang, dengan demikian untuk kendaraan roda dua hanya bisa masuk ke Pasar Panjang melalui pintu masuk 1 dan 4 himbawan ini untuk memudahkan petugas gugus tugas dan juga pihak keamanan pasar dalam penerapan protokol kesehatan, kepada yang berdagang di emperan pinggir jalan untuk tetap mentaati garis garis yang sudah di buat oleh Dinas Perdagangan untuk ketertiban dan penerapan protokol kesehatan yang harus mengatur jarak antar pedagan.” ungkapnya.

Salma (27) warga kelurahan Panjang Utara yang akan berbelanja di Pasar Panjang mengatakan “dengan adanya bapak bapak petugas gabungan di Pasar Panjang ini membuat pasar panjang menjadi teratur karena di berlakukan pintu masuk dan keluar yang sudah di tetapkan serta menjadikan pedagang emperan yang berada di pasar Panjang menjadi tertib.” Tegasnya.

Lalu, Upaya yang dilakukan oleh Kodim 0410/KBL bersama Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pusat perbelanjaan modern di Kota Bandar Lampung terus dilakukan hal ini melalui penerapan penegakan disiplin protokol Kesehatan upaya ini tentu saja untuk menghambat penyebaran virus corona khususnya di Mall Ramayana Ciplaz Jln ZA Pagar Alam Rajabasa Kota Bandar Lampung, Sabtu (29/08/2020).

Danramil 410-06/KDT Mayor Inf Anang Nugroho mengatakan ” para petugas melakukan Pengecekan kepada setiap orang yang akan memasuki Mall Ramayana Ciplaz dengan pengecekan suhu tubuh, wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan penyemprotan tangan dengan Hand Sanitizer yang telah disiapkan serta menghimbau kepada para pengunjung Mall Ramayana Ciplaz agar tetap menjaga jarak antara pengunjung lainnya”.

Pada saat dilakukan pengecekan ke setiap orang yang memasuki Mall Ramayana Ciplaz jika di temukan orang dengan gejala demam atau batuk batuk maka dilaksanakan Protokol Penanganan Covid-19 oleh tim, selanjutnya di bawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat”, ujar Danramil.

Almira (23) saat berkunjung ke Mall Ramayana Ciplaz mengatakan “Saya sebagai warga Bandarlampung mengucapkan terimakasih kepada Bapak petugas Covid19 yang telah bertugas memberantas penyebaran virus Corona bagi masyarakat, karena tugas ini amatlah berat dan sangat mulia, semoga Bapak petugas selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugasnya”. (rls/ang(

Komentar

Rekomendasi