oleh

Ujian Mandiri UIN RIL Gunakan Aplikasi Buatan Sendiri

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menyelenggarakan ujian mandiri UIN RIL dengan menggunakan aplikasi buatan sendiri. Ujian mandiri lokal digelar selama dua hari, 1 dan 2 September.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Moh. Mukri mengatakan, aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) tersebut hasil karya Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) bersama bagian akademik dan kemahasiswaan UIN RIL. Aplikasi tersebut dapat digunakan peserta SSE melalui PC, tab maupun android miliknya.

“Ini membuktikan bahwa PTKIN tidak kalah dengan yang lainnya dalam hal IT. Dan UIN Raden Intan merupakan PTKIN pertama yang menyelenggarakan ujian mandiri lokal secara online,” kata rektor, Selasa (1/9).

Mukri menuturkan, pelaksanaan tes berjalan lancar, dan tidak ada kendala yang berarti. Sebab, sebelumnya telah diadakan uji coba UM RIL pada 30 Agustus lalu.

“Sampai saat ini belum ada keluhan ke panitia,” imbuhnya.

Sementara, Syafrimen, M.Ed., Ph.D., selaku Kepala PTIPD UIN Raden Intan Lampung menjelaskan, pengawas untuk tes tersebut sebanyak 25 orang yang terbagi menjadi dua hari. Dia menjelaskan, 1 pengawas akan mengawasi 20 peserta di satu ruang virtual.

“Jadi kita siapkan ruang-ruang virtual. Peserta mengikuti ujian dari rumah masing-masing sesuai dengan jadwal yang diberikan,” terangnya.

Pengawas akan mengawasi para peserta melalui webcam dari gadget peserta, dan webcam tersebut dapat memantau sejauh 3 meter dari peserta.

“Sehingga, jika ada indikasi dibantu orang lain, itu akan terlihat dari layar pengawas. Dan kita juga selalu screenshoot foto peserta setiap 4 menit,” terangnya.

Untuk diketahui, jumlah peminat UIN Raden Intan pada UM lokal sebanyak 3.139 orang, dan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti tes mandiri ini sebanyak 1.524 peserta. Hasil kelulusan akan diumumkan pada 7 September mendatang. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi