oleh

Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan, Pemkot Targetkan Tahun 2020 Buka 5 Sentra UMKM

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam upaya mengembangkan dan membangkitkan ekonomi kerakyatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menargetkan akan membuka lima gerai sebagai centra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kota (PMK) Bandarlampung Zainuddin mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah memenuhi dua target itu, melalui Business Development Center (BDC) sebagai wadah binaan UMKM.

“Kita membuka dan memperbanyak centra-centra pemasaran produk dari UMKM, gunanya untuk memperluas pemasaran UMKM yang tidak memiliki gerai,” katanya saat peresmian gerai kue dan aneka oleh-oleh Aamira di Jl. P. Sebesi No. 77 Sukarame, Rabu (2/9).

Selain membina dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas produk UMKM, pihaknya juga berupaya memperluas pemasarannya. Dalam memperluas pemasaran, pihaknya bekerja sama dengan sukarelawan yang berkenan menghibahkan atau meminjamkan tempat sebagai centra UMKM.

Setidaknya 40 dari 120 UMKM binaan Dinas PMK telah berhasil mendapat Surat Izin UMKM. Itu sebagai fasilitas yang dijamin Pemkot dalam memperluas kepercayaan masyarakat terhadap produk olahan masyarakat lokal.

Walikota Bandarlampung Herman HN mengatakan, pihaknya memang tidak memberikan permodalan bagi UMKM. Akan tetapi, dirinya menjamin kemudahan mengurus izin usaha semuanya gratis.

“Saat ini, Pemkot Bandarlampung memiliki Program Ekonomi Kerakyarajan (Ekor) berupa pinjaman kredit melalui Bank Waway sebesar Rp6,5 miliar. Perekonomian UMKM terus tumbuh walaupun ditengah pandemi Covid-19,” pungkasnya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi