oleh

Pembangunan RKB SDN 24 Kedondong Prioritas Tahun Depan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pembangunan ruang kelas baru (RKB) untuk SDN 24 Kedondong, Desa Sinar Harapan akan menjadi skala prioritas pada APBD 2021. Minimal satu ruangan.

“Untuk SDN 24 Kedondong, tahun 2021 akan menjadi prioritas dapat RKB. Minimal satu ruang menggunakan APBD,” kata Sekretaris Disdikbud Pesawaran Yahtar Malyan mewakili Kepala Dinas Pauzan Suaidi saat meninjau SDN 24 Kedondong, Rabu (2/9).

Menurut dia, jika dari DAK, kemungkinan tidak bisa mendapatkan bantuan. Sebab data sudah muncul dan Dapodik SDN 24 Kedondong nol atau tidak update.

Yahtar mengungkapkan, SDN 24 Kedondong tidak bisa mendapatkan bantuan dari DAK karena terjadi kekeliruan dan kesalahan input pada Dapodik.

“Setelah kita cek di Dapodik, data-data itu nol atau reject (rusak) atau ada kesalahan input data. Karena operator tidak update data Dapodik untuk SDN 24 Kedondong,” ujarnya.

Dilanjutkan, pada 2019 berdasar usulan sekolah dan koordinator kecamatan, pihaknya telah mengajukan pembangunan RKB untuk SDN 24 Kedondong agar masuk dalam rencana kerja APBD 2020.

Namun keterbatasan dan efisiensi akibat dampak virus Corona, anggaran didahulukan untuk sekolah yang telah menjadi skala prioritas.

Untuk meminimalisir kesalahan input data pada Dapodik yang mengakibatkan kerugian, Disdikbud Pesawaran akan memastikan dan mengevaluasi kembali operator sekolah yang ada di seluruh kecamatan.

“Kami sudah mengumpulkan operator dan memberikan pembinaan. Namun baru pada tingkat kecamatan,” kata dia.

Diketahui, kondisi SDN 24 Kedondong di Dusun Bangunsari, Desa Sinarharapan memprihatinkan. Para siswa belajar di ruangan yang tidak layak.

Romi, salah seorang siswa kelas 5 mengatakan, ruang kelas yang digunakan untuk belajar sangat tidak nyaman.

Banyak papan yang sudah berlubang dan rusak. “Tidak nyaman belajar di ruang kelas seperti ini. (Papan) pada jebol-jebol. Kemudian banyak nyamuk,” kata Romi, Selasa (1/9). (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi