oleh

Dukung Ketahanan Pangan, LPKA Bandarlampung Panen Singkong dan Pakcoy

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dukung ketahanan pangan yang diwacanakan oleh Presiden RI: Joko Widodo, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandarlampung, memanen singkong dan tanaman hidroponik jenis pakcoy.

Kepala LPKA Bandarlampung Sambiyo mengatakan, pihaknya melakukan panen raya ini merupakan hasil budidaya dari Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH).

“Kita panen singkong yang ditanam di dua hektar tanah milik LPKA. Ini juga untuk mendukung ketahanan pangan dalam masa Pandemi Covid-19,” katanya, Kamis (3/9).

Tak hanya panen singkong, pihaknya pun melakukan panen tanaman pakcoy. Di kebun hidroponik milik LPKA. “Tanaman hidroponik ini merupakan produk unggulan bagi kami,” kata dia.

“Keinginan kami mempunyai produk unggulan. Yakni tanaman hidroponik. Untuk mengembangkan tanaman hidroponik ini kita juga bekerjasama dengan Polinela Lampung,” jelasnya.

Ada sekitar 30 ABH yang dibimbing untuk ikut serta dalam membudidayakan tanaman ini. Sedangkan untuk panen singkong sendiri akan mereka lanjutkan apabila nanti ketika sudah selesai dipanen.

“Kami merencanakan menanam berbagai sayuran, cabai, terong dan sawi. Itu akan kita kembangkan,” ucapnya.

“Dan saya harapkan kegiatan ini bisa terus dilanjutkan. Karena juga enggak begitu sulit,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Lampung: Farid Djunaedi mengatakan bahwa, pelatihan ini bisa dikembangkan untuk menjadi kerjaan. Tentunya bisa menghasilkan untuk hidup sehari-hari.

“Niat baik menjadi baik. Dan mudah-mudahan bisa dikembangkan potensi di Lapas LPKA ini. Apalagi dua hektar tanahnya tidak hanya bisa disisi pertanian. Bagaimana budidaya ikan. Apalagi bisa dibuat kolam pemancingan. Kita tidak sulit mencari untuk berwisata. Pemancingan. Tetapi nantinya disini bisa,” pungkasnya. (ang/)

Komentar

Rekomendasi