oleh

Kelurahan Sidodadi Fokuskan Pemberdayaan KWT

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menjelang pencairan Dana Kelurahan 2020 tahap satu, Kelurahan Sidodadi, Kedaton telah menyiapkan rencana kerja dana kelurahan tahun ini. Baik fisik maupun pemberdayaan masyarakat.

Di mana, lima persen dana kelurahan yang digunakan untuk pemberdayaan masyarakat, akan difokuskan untuk pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) kelurahan setempat.

Lurah Sidodadi Sapto Harianto menuturkan, kelurahan yang dipimpinnya memilik satu KWT binaan kelurahan yang berada di Lk 03. Kelompok yang berjumlah 30 orang tersebut memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai tempat bercocok tanam.

“Ya itu memang program kita, tujuannya untuk memanfaatkan pekarangan rumah. Dengan menanam cabe, tomat, kangkung, dan lainnya menggunkan polibek,” ucapnya saat ditemui ruang kerjanya, Senin (31/8).

Dengan Dana Kelurahan 2020 ini, pihaknya akan mengajak semua masyarakat, bukan hanya KWT binaan kelurahan saja, untuk memberikan penyuluhan pertanian pekarangan rumah, kepada seluruh warga.

“Kita datangkan penyuluh. Kita mau KWT bukan hanya bisa menanam sayur saja, namun memproduksi sayur mayur yang memiliki nilai ekonomi, media tanam, produksi, dan pemasaran,” jelasnya.

Selain itu untuk 95 persen pembangunan fisik, akan dibangunkan rabat beton. “Semuanya ke rabat beton, ada 24 titik. Untuk tahap satu pengerjaannya 14 titik yang tersebar di tiga Lk,” tuturnya.

Untuk pencairannya sendiri, Sapto mengaku belum mengatahuinya. “Berkas kami sudah di keuangan, sudah satu minggu. Mungkin lagi diperiksa makannya belum turun. Besarannya Rp366 juta,” terangnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi