oleh

Balonkada Lamtim Berstatus Anggota DPRD Harus Mundur

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur akan diikuti 3 pasang bakal calon.  Dari 3 pasang bakal calon tersebut, 3 di antaranya merupakan anggota DPRD.

Masing-masing bakal calon Wakil Bupati Azwar Hadi anggota DPRD Provinsi Lampung dari Partai Golkar yang berpasangan dengan Dawam Raharjo.

Kemudian, Bakal calon Bupati Yusran Amirullah anggota DPRD Lamtim dari Partai NasDem yang berpasangan dengan Beni Kisworo. Selanjutnya, bakal calon wakil bupati Sudibyo anggota DPRD Lamtim dari Partai Golkar yang berpasangan dengan Zaiful Bokhari.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamtim Desman Yusri menjelaskan, sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, para balon yang berstatus anggota DPRD tersebut harus melampirkan surat pernyataan telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya saat mendaftar ke KPU mulai 4 hingga 6 September 2020 ini.

Sedangkan, surat resmi pemberhentian mereka dari jabatannya sebagai anggota DPRD harus diserahkan ke KPU paling lambat 30 hari setelah mendaftar ke KPU. Itu antara lain diatur melalui pasal 69 Peraturan KPU RI nomor 3 tahun 2017.

“LO masing-masing pasangan calon telah berkoordinasi dengan KPU dan menyatakan siap melampirkan surat pernyataan mengundurkan diri dari jabatan sebagai anggota DPRD,”jelas Desman Yusri mewakili Ketua KPU Lamtim Wasiat Jarwo Asmoro, Kamis (3/9).

Diketahui sebelumnya, tiga pasang calon kepala daerah Kabupaten Lampung Timur siap mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Para calon tersebut akan mendaftarkan diri pada waktu yang berbeda. Hari pertama, Jumat (4/9) pasangan Zaiful-Sudibyo berencana mendaftarkan diri.

Sudibyo menjelaskan, sampai saat ini sudah ada 2 parpol yang memberikan rekomendasi untuk pasangan Zaiful-Sudibyo. Yaitu, PDIP (9 kursi) dan PKS (5  kursi). “Sementara sudah ada 2 parpol yang memberikan rekomendasi. Insya Allah akan menyusul rekomendask dari Parpol lainnya,”jelas Sudibyo sembari mengatakan akan mendaftar Jumat pagi.

Sementara pasangan Dawam Raharjo-Azwar Hadi berencana mendaftar ke KPU pada hari ke tiga, Minggu (6/9).

Pasangan tersebut diusung Partai Kebangkitan Bangsa (8 kursi) dan Partai Golkar (7 kursi). “Kami berencana mendaftar pasangan Dawam Raharjo-Azwar Hadi, Minggu ini,”jelas Ketua DPC PKB Lamtim Achmad Basuki didampingi Sekretaris DPD Golkar Lamtim Maesus Fathoni.

Sementara pasangan jadwal pendaftaran Yusran Amirullah- Beni Kiswanto yang diusung Partai NasDem (8 kursi) dan Demokrat (6 kursi) masih dalam pembahasan. “Jadwal pendaftaran masih kami bahas bersama pasangan calon dan partai koalisi,. Kalau tidak Sabtu kami akan mendaftar Minggu,”jelas Sekretaris DPC Demokrat Lamtim Taufik Gani. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi