oleh

Bumil Terkonfirmasi Covid-19 Bersalin, Kadiskes Tubaba Beber Kondisi Sang Bayi

RADARLAMPUNG.CO.ID-Warga Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) kembali ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini pasien tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Moeloek, Bandar Lampung. Pasien tersebut berinisial RS (22), yang tengah hamil. Dia merupakan warga Kibang Tri Jaya Kecamatan Lambu Kibang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba, Majril, S.Kep, Ns, MM, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa RS memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Dia menjelaskan, RS tiba di Lampung pada 22 Agustus dan menginap di Bandar Jaya, Lampung Tengah selama 3 hari. Setelah menginap di Bandar Jaya, RS kembali menginap di rumah kontrakan Unit II, Kabupaten Tulangbawang selama enam hari sejak 26 Agustus. Disini, ia hanya kontak dengan ibu, ayah, dan anaknya.

“Pada 31 Agustus RS mengeluh mulas, dan mulai mengeluarkan cairan kemudian pasien mendatangi praktik bidan, oleh bidan kembali dirujuk ke RS Mutiara Bunda Unit II Tulang Bawang. Disana RS dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif/positif (+),” ungkapnya kepada radarlampung.co.id melalui pesan WhatsApp, Jumat (4/9) siang.

Setelah mendapatkan perawatan, lanjut Majril, pada 1 September 2020 dirujuk ke RSUD Tubaba sekitar pukul 03.00 WIB,  kemudian langsung dirujuk ke RSUDAM Bandar Lampung sekitar pukul 04.30 WIB.“Hasil pemeriksaan swab oleh RSUDAM pada 2 September menunjukkan konfirmasi positif (+) Covid-19/Sars cov2 positif,” terangnya.

Menurut Majril, pasien tersebut juga telah bersalin. Kondisi sang bayi dilaporkan sehat dan tengah dalam perawatan tim medis RSUDAM. “Selanjutnya hari ini Dinkes dan tim medis RSUD Tubaba akan melakukan tracking kepada keluarga dan warga masyarakat yang pernah kontak dengan RS tersebut,”tandasnya.(fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi