oleh

Dorong Pembangunan Bidang Pertanian lewat Kostratani

RADARLAMPUNG.CO.ID – Perkembangan ekonomi turun dan terpuruk akibat pandemi virus Corona. Satu-satunya sektor yang tetap menggeliat adalah pertanian.

“PDB pertanian sendiri mencapai 16,24 persen. Tertinggi dari sektor lainnya. Sementara PDB nasional rata-rata adalah -5,14 persen,” kata Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) SDMP Prof. Dr. Ir. Dody Nursyamsi saat launching Model Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Pringsewu, Jumat (4/9).

Dody mengungkapkan, Kementerian Pertanian mempunyai program yang disebut Kostratani (Komando Strategi Pembangunan Pertanian).

Kostratani adalah pusat gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan di bawah komando camat.

Untuk tingkat kabupaten ada Kostrada (Komando Strategi Pembangunan Pertanian Daerah) yang dikomandoi oleh bupati. Lalu tingkat provinsi terdapat Kostrawil (Komando Strategi Pembangunan Pertanian Wilayah) di bawah komando gubernur.

Sementara, Dody datang ke Pringsewu untuk mendorong membangun SDM pertanian dengan memberdayakan semua sumber daya yang ada. Mulai dari petani, penyuluh dan lainnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, juga dilakukan panen raya di areal persawahan Pekon Wates Timur. (sag/ais)

Komentar

Rekomendasi