oleh

Lampung Siapkan Mobil Swab Mobile

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Lampung terus mencatatkan jumlah penambahan. Termasuk pada Jumat (4/9), di mana ada empat tambahan pasien konfirmasi baru yang membuat totalnya kini menjadi 428 orang.

Di mana hari ini ada kasus baru 4 orang, kasus lama 424 orang, kematian konfirmasi 17 orang, selesai isolasi atau konfirmasi positif pada 338 orang. Hampir rata-rata penambahan kasus memiliki riwayat perjalanan dari zona hitam atau merah di Indonesia.

Untuk itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan pekan depan dirinya akan bicarakan bupati/walikota untuk melakukan pengendalian objek perekonomian.

“Bagaimana pangan kita kan didesa jangan sampai terganggu dengan adanya kunjungan yang tidak dipakai pengendalian. Karena (kasus) di kita banyak covid-19 orang-orang punya kemampuan masuk ke Lampung  akhirnya kena. Ada juga orang-orang di Lampung yang keluar juga kena. Makanya harus ada pengendalian, Bupati juga tidak boleh keluar kecuali ada kepentingan negara atau izin dari saya. Karena Kalau tidak kita selalu bertambah,” beber Arinal.

Dia melanjutkan, nantinya juga akan ada peningkatan fasilitas dengan swab mobile, Dinas Kesehatan memiliki kerjasama dengan pihak swasta untuk menggelar swab mobile. Sehingga orang yang ingin swab cepat ditangani.

Ditambahkan Juru bicara satgas penanganan covid 19 di provinsi Lampung Reihana, ada Penawaran kerjasama dengan KSO Indofarma untuk mobile PCR. Dan sudah disampaikan ke Gubernur jadi nantinya kerjasama Indofarma ada berupa mobil PCR sementara yang lainnya berupa reagen dan lainnya dari Dinkes Provinsi Lampung.

“Jadi nanti ada mobil satu atau dua loket, provinsi Lampung belum swab massal namun permintaan mandiri juga banyak dan tidak gratis. Mungkin nantinya mobil akan berjalan karena banyak yang ingin  periksa swab mandiri , sedang kan kita untuk kontak trasing, kontak erat pasien konfirmasi Covid-19 tapi kalau tidak ada gejala minta swab kami belum bisa memfasilitasi itu,” kata Reihana.

Dia melanjutkan, Per Jumat ini ada penambahan pasien positif Covid-19 mulai pasien nomor 425 laki-laki 59 tahun dari Bandarlampung yang merupakan pelaku perjalanan dari daerah zona merah di Jakarta dan terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil pemeriksaan swab tanggal 3 September. Saat ini lagi menjalani isolasi di rumah sakit swasta di Bandarlampung.

“Pasien nomor 426 laki-laki 38 tahun dari Bandarlampung merupakan hasil tracing dari pasien 414 di mana saat ini sedang menjalani isolasi di rumah sakit swasta di Bandarlampung, pasien nomor 427 laki-laki 2 tahun dari Bandarlampung merupakan hasil tracing dari pasien nomor 392 saat ini sedang menjalani isolasi mandiri dan pasien nomor 428 perempuan 29 tahun dari Bandarlampung yang merupakan ada kontak dengan saudara dari zona merah yaitu dari Serang, Banten saat ini sedang menjalani isolasi mandiri,” jelas Reihana.

Selanjutnya, hari ini juga ada 2 pasien yang selesai konfirmasi dalam arti sembuh ya itu pacar nomor 355 laki-laki 58 tahun dari bandar Lampung dan pasal 365 laki-laki 48 tahun dari bandar Lampung untuk pemeriksaan swab yang sudah dilakukan. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi