oleh

Ada Pohon Langka di Kebun Raya Liwa

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pohon jenis Exbucklandia populnea (R.Br.ex Griffith), family dari Hammamelidaceae atau biasa disebut masyarakat lokal kayu Tas ditemukan di Kebun Raya Liwa (KRL). Biasanya tanaman keras ini tumbuh di pegunungan dan perbukitan dengan ketinggian 1.200-2.000 Mdpl.

Kepala UPT KRL Sukimin  mengungkapkan, kayu Tas merupakan pohon endemik Lambar. Biasanya hanya ditemukan di Gunung Pesagi dan Seminung.

Ada mitos yang mengatakan tanaman jenis ini merupakan pohon tolak bala. Kemudian penyembuh berbagai penyakit.

Khusus pohon yang ditanam pada 24 September 2018 dengan lokasi taman tematik rumput induk Kebun Raya Liwa oleh Indra Nugraha, dengan kolektor bernomor IP 1140 L2016110042. Pohon berasal dari hutan lindung Gunung Pesagi Pekon Hujung, Kecamatan Belalau.

”Karena cerita menarik terkait pohon itu, kami eksplorasi ke Gunung Pesagi dan Seminung. Saat ini kita punya dua pohon yang tumbuh dengan baik,” kata Sukimin.

Selain akan menambah koleksi di KRL, diharapkan pohon tersebut menarik minat wisatawan. Apalagi pohon ini tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain habibat asli di Gunung Pesagi dan Seminung. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi