oleh

Kekurangan Tenaga Memandikan dan Menkafani Jenazah, Kelurahan Gotongroyong Gelar Pelatihan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dilatar belakangi banyak rukun kematian kekurangan tenaga memandikan dan mengkafani jenazah, Kelurahan Gotongroyong mengadakan sosialisasi serta pelatihan memandikan dan mengkafani jenazah.

Kegiatan itu diralisasikan pada anggaran dana kelurahan tahun 2020 di bidang pengembangan masyarakat. “Di tahap dua sosialisasi itu dilaksanakan,” ucap Juwandi Yasa selaku Lurah Gotong Royong, Selasa (8/9).

Dipilihnya hal tersebut, kata dua, setelah dilakukan musyawarah kelurahan melibatkan Pokmas dan Rt. “Jadi berdasarkan usulan dan kebutuhan maka dipilihlah ini,” ucapnya.

Untuk pesertanya, pihaknya tidak membatasi usia. Namun memprioritaskan gender. “Jadi ada laki-laki dan ada perempuan, kita buat imbang. Kalau jenazahnya perempuan yang mandikan perempuan, begitu pula sebaliknya,” ujarnya.

Untuk di Kelurahan Gotongroyong sendiri, menurut Juwandi tidak semua rukun kematian memiliki orang yang bisa memandikan dan mengkafani jenazah. “Akhirnya saat ada yang meninggal sibuk cari ke RT sebelah, bahkan ke kelurahan lain,” terangnya.

Dilanjutkan, keberadaan rukun kematian sendiri biasanya ada di setiap masjid dan mushola. Untuk di Gotongroyong sendiri terdapat enam masjid dan empat musala. “Yang menjadi pemateri warga lokal Gotongroyong sendiri,” ucapnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi