oleh

Muncul Kluster Keluarga, Pasien Tanpa Gejala Harus Pastikan Rumahnya Layak untuk Isolasi Mandiri

RADARLAMPUNG.CO.ID-Peningkatan kasus Covid-19 di Lampung dalam waktu sembilan hari, mulai 1 sampai 9 September tercatat sebanyak 93 kasus baru. Hal ini membuat penambahan kasus Covid-19 di Lampung menjadi 488 kasus.

Diantaranya diketahui merupakan orang tanpa gejala. Maka Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan bagi yang berstatus tanpa gejala atau asimtomatis lebih baik melihat kondisi rumah dahulu sebelum memutuskan isolasi dirumah.

“Kalau banyak (kasus) karena perluasan trasing, menurut WHO 1 kasus positif wajib di trasing 25 orang. Kita perluasan trasing dengan snow ball dan pasien koorperatif pasien menjelaskan siapa saja dand didapat pasien Covid-19 tanpa gejala. Kemudian kami analisa protokol kesehatan belum patuh di lakukan masyarakat,” beber Reihana.

Padahal itu berpengaruh dalam menekan penyebaran Covid-19. Apalagi zona 4 kabupaten/kota di Lampung berzona oranye mulai Bandarlampung, Lampung Utara, Pringsewu dan Lampung Barat. Kemudian dua kabupaten zona hijau yaitu Tulangbawang dan Pesisir barat sementara selebihnya zona kuning. “Dari data ini maka masyarakat harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat,” lanjutnya.

Kasus kluster keluarga ini sendiri sebenarnya tergambar dari salah satu kasus di Lampung Utara. Dari data radarlampung.co.id- pasien 402 yang terkonfirmasi Rabu (2/9). Merupakan perempuan 24 tahun dari kabupaten Lampung Utara, pasien memiliki riwayat perjalanan.

Pasien yang juga merupakan seorang ibu hamil yang melakukan perjalanan dari Jakarta saat ini sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit yang ada di provinsi Lampung.

Dari pasien 402, kemudian pada Kamis (3/9) ada pula hasil trasing dari pasien 402 yaitu pasien 411 perempuan 59 tahun juga dari Lampung Utara. Pada Sabtu (5/9) muncul kembali kasus baru, yaitu pasien nomor 432 yang merupakan bayi laki-laki ibu tersebut.

Penamnahan kasus juga terjadi pada Minggu (6/9), di mana hasil trasing pasien 402 sejumlah enam orang terkonfirmasi Covid-19. Datanya Pasien 441, 442, 443, 444, 445 dan 446 dari Lampung Utara. Merupakan hasil tresing dari pasien nomor 402 pada saat ini sedang menjalani isolasi

Dilanjutkan pasien 456 pasien 157 dan pasien 458 yang terkonfirmasi Selasa (8/9). Pasien tersebut merupakan orang tua dan kerabat pasien.

Selanjutnya pasien 479 dan pasien 480 dari Lampung Utara yang terkonfirmasi Rabu (9/9). Pasien merupakan hasil trasing dari pasien nomor 402, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi