oleh

Satu Keluarga di Tuba Terkonfirmasi Positif Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tiga warga Tulangbawang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini disampaikan langsung oleh juru bicara satgas tim penanganan Covid-19 Fatoni, Rabu (9/9) sore.

Mereka yakni pasien nomor 02 berinisial L seorang laki-laki berumur 59 tahun, pasien 03 berinisial S seorang perempuan berumur 51, dan pasien 04 berinisial D seorang perempuan berumur 24.

Ketiganya merupakan satu keluarga warga RT 04, RW 01, Kampung Mulyo Aji, Kecamatan Meraksaaji, Kabupaten Tulangbawang.

Satu keluarga tersebut terpapar Covid-19 setelah melakukan perjalanan ke Kalimantan Barat, Sabtu, 8 Agustus 2020. Ketiganya melakukan perjalanan melalui bandara Radin Inten II Lampung.

“Mereka ke Kalimantan Barat untuk menghadiri pernikahan anak,” kata Fatoni.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Tulangbawang tersebut melanjutkan, sebelum memulai perjalanan, ketiganya sempat melakukan rapid tes di Diskes setempat dengan hasil non reaktif.

Pada Rabu, 19 Agustus, ketiganya pulang ke Tulangbawang. Saat di perjalanan pulang, mereka mulai merasakan gejala sakit seperti batuk, pilek, demam, nyeri pada ulu hati, dan sesak nafas.

Sesampainya di kampung halaman, Tim kesehatan puskesmas setempat menganjurkan ketiganya melakukan isolasi mandiri seraya diberikan vitamin dan obat.

Karena tak kunjung membaik, pada Kamis, 20 Agustus mereka berinisiatif berobat ke bidan kampung. Namun kondisi ketiganya tetap tidak ada perubahan. Pada Senin, 31 Agustus mereka kembali berobat ke salah satu dokter praktek setempat.

“Tanggal 2 September dilakukan rapid tes oleh tim kesehatan puskesmas dengan hasil non reaktif,” kata Fatoni.

Kemudian, pada Jumat, 4 September ketiganya kembali dilakukan rapid tes sebanyak dua kali. Kali ini hasil rapid tes mereka reaktif. Ketiganya lalu dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri.

Lalu Senin, 7 September ketiganya kemudian melakukan swab tes di RSUD Menggala. Swab tes ketiga pasien lalu dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung.

“Tanggal 8 September Diskes Lampung memberitahukan jika hasilnya positif terkonfirmasi Covid-19,” ungkapnya.

Saat ini ketiga pasien telah dirawat dan diisolasi di RSUD Menggala. Kondisi ketiganya terpantau dalam keadaan baik.

“Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan jangan panik. Tetap berdoa dan patuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tandasnya. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi