oleh

Positif Covid-19 Bertambah 12, Diskes Antisipasi Ruang Isolasi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandarlampung berupaya mengantisipasi kelebihan kapasitas yang menyebabkan kekurangan tempat isolasi dan Intensive Care Unit (ICU).

Kepala Diskes Kota Bandarlampung Edwin Rusli mengatakan, semakin bertambahnya kasus Covid-19, pihaknya khawatir kapasitas ruangan dirumah sakit penuh. “Seperti di RS Immanuel dan RS Urip Sumoharjo itu sudah penuh,” katanya, Kamis (10/9).

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya akan mendata dan menyebar pasien yang akan diisoliasi yang butuh perawatan di beberapa rumah sakit. Meskipun demikian, sementara ini ruangan isolasi terbilang masih cukup.

“Tapi nantinya kita sebar rata seperti di RSUD A Dadi Tjokrodipo masih banyak ruangannya. Kemudian RS Abdul Moeloek dan rumah sakit lainnya,” ungkapnya.

Dia mengimbau, bagi masyarakat yang isolasi secara mandiri di rumah, agar mengantisipasi jangan sampai menularkan Covid-19 ke keluarganya. Alias sementar waktu, jangan sampai bergabung atau pun berhubungan secara langsung dengan keluarga.

Dia berjanji, pihaknya akan terus memantau pasien yang menjalankan isolasi mandiri. Selain itu, akan melakukan tracing pada keluarga yang terkena Covid-19. “Yang isolasi mandiri tidak boleh lebih dari 2 orang dalam satu rumah, kalau sampai lebih ada yang harus dirawat kerumah sakit,” ujarnya.

Edwin mengungkapkan, penambahan pasien baru positif Covid-19 di Bandarlampung per hari ini melonjak hingga 12 kasus: 7 orang hasil tracing, 2 orang pasien baru dan 3 orang merupakan hasil suspek. Semuanya, menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Dengan demikian, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Bandar Lampung menjadi 207 orang. Sementara yang telah meninggal dunia sebanyak 13 orang, dan sembuh sebanyak 147 orang.

Menyikapi hal itu, Walikota Herman HN diketahui hari ini bersosialisasi terkait protokol kesehatan pada seluruh pengurus rumah ibadah. Sosialisasi dilaksanakan di Gedung Smergou, Pemkot setempat.

Herman HN mengajak dan berharap kepada semua pengurus rumah ibadah untuk menerapkan protokol kesehatan, seiring terus bertambahnya pasien positif Covid-19 di Kota Tapis Berseri.

“Hari ini saja bertambah 12 orang positif. Mudah-mudahan dengan dikumpulkannya pimpinan rumah ibadah ini, semua akan menggunakan protokol kesehatan dengan baik. Termasuk dia mengumumkannya juga di masjid-masjid sebelum salat Dzuhur,” ucapnya.

Dia memerintahkan kepada pengurus rumah ibadah untuk mengumumkan dan mengimbau kepada masyarakat yang berada di Kota Bandarlampung untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak.

Herman HN juga berpesan, setiap jamaah harus memakai masker. Pihaknya, akan mengawasinya melalui pamong setempat. “Semua harus berjalan dengan baik, agar masyarakat kita sehat semua. Setiap rumah ibadah, saya kasih 200 masker,” tandasnya.

Diketahui, selain mengimbau rumah ibadah untuk menerapkan protokol kesehatan, Herman HN terlihat rutin melakukan sidak masker dengan mengunjungi pusat-pusat keramaian, setiap harinya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi