oleh

Brigif 4 Siapkan Tiga Kelompok Program Ketahanan Pangan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Piabung Lampung Kolonel (Mar.) Nawawi mengatakan, untuk meningkatkan ketahanan pangan selama masa pandemi virus Corona, pihaknya akan melaksanakan tiga kelompok program.

“Ada tiga kelompok program Brigif 4 Marinir/BS. Bidang pertanian, peternakan dan perikanan,” kata Nawawi usai mendampingi Aspotmar KASAL Mayjen TNI (Mar.) Widodo Dwi Purwanto saat meninjau program ketahanan pangan di Mako Yonif 9 Marinir, Jumat (11/9).

Nawawi mengungkapkan, untuk bidang pertanian, terdapat pengelolaan sawah dan perkebunan jagung dengan lahan awal seluas empat hektare. Saat ini masih pada tahap pengembangan.

“Untuk bidang pertanian, kami mengembangkan penanaman jagung dan padi. Awalnya lahan yang dikelola seluas empat hektare. Nanti akan kita kembangkan sampai 50 hektare,” tegasnya.

Kemudian bidang perikanan, Brigif 4 Marinir/BS Piabung Lampung bekerjasama dengan Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung dan akademisi dari Universitas Lampung (Unila).

Saat ini telah mengelola empat keramba jaring apung dan mengembangkan udang Faname serta ikan air tawar lainnya menggunakan kolam bioflok.

Selanjutnya, mengelola peternakan melalui program penggemukan sapi dan kambing dengan jumlah awal sebanyak 100 ekor kambing dan 10 ekor sapi.

“Selain petani dan nelayan, ada kelompok dari Brigif ikut serta dalam peningkatan ketahanan pangan di pesisir Pesawaran. Hasilnya, semua untuk masyarakat, agar program bisa berkesinambungan,” sebut dia. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi