oleh

Jaga Ketahanan Pangan, TNI AL Berdayakan Masyarakat untuk Maksimalkan Lahan

RADARLAMPUNG.CO.ID – TNI Angkatan Laut memberdayakan petani dan nelayan untuk memaksimalkan potensi lahan di sekitar pangkalan. Langkah ini dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat wilayah pesisir Lampung di tengah pandemi virus Corona.

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KASAL Mayjen TNI (Mar.) Widodo Dwi Purwanto mengatakan, pihaknya sudah membuat perencanaan dengan memanfaatkan lahan di Teluk Ratai.

Ini melibatkan sebanyak mungkin masyarakat. Baik petani maupun nelayan. “Kami mempunyai tugas membina desa-desa pesisir,” tegas Widodo saat meninjau program ketahanan pangan di Mako Yonif 9 Marinir Desa Batumenyan, Kecamatan Telukpandan, Jumat (11/9).

Diakui Widodo, dalam penerapan program ketahanan pangan tersebut, pihaknya mengalami kendala teknis.

Di antaranya keterbatasan anggaran dan SDM yang menguasai bidang pertanian maupun perikanan. Untuk itu pihaknya berharap program ketahanan pangan AL dapat bersinergi dengan program pemerintah provinsi dan kabupaten

“Kita sudah mulai koordinasi dan Alhamdulillah didukung penuh oleh provinsi maupun kabupaten. Termasuk Unila dan Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung. Lahan Angkatan Laut di Lampung masih sangat luas dan akan kita kembangkan lagi,” tegasnya.

Program peningkatan pangan tidak hanya di wilayah pesisir Pesawaran. Tetapi seluruh lahan TNI AL di Indonesia.

Sesuai intruksi Menteri Pertahanan, akan dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk membantu ketersediaan pangan bagi masyarakat ditengah pandemi virus Corona. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi