oleh

Lima Peserta SKB CPNS Lambar Gugur, Satu Ditunda Karena Positif Covid-19

Radarlampung.co.id – Dari 412 orang peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang seyogyanya mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di gedung Institut Teklogologi Sumatera (ITERA) Bandarlampung Minggu (13/9). Sebanyak enam orang tidak hadir. Lima diantaranya diyatakan gugur sementara satu orang lainnya ditunda karena positif terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Lambar Drs. Ahmad Hikami mengungkapkan, lima peserta tidak hadir tanpa keterangan. Sehingga, lanjutnya, otomatis gugur.

”Sementara itu, untuk satu orang lainnya dua hari lalu kami menerima informasi terkait adanya salah satu peserta yang terpapar Covid-19 meskipun hasil swab-nya memang belum keluar. Pesertanya perempuan berasal dari Lampung Utara, sehingga khusus untuk satu orang peserta tersebut ditunda,” ungkap Hikami.

Dijelaskan, dasar penundaan pelaksanaan SKB peserta yang terpapar Covid-19 tersebut yakni Surat kepala BKN nomor K. 26-30/V/148-3/99 tanggal 31 agustus 2020. Dalam surat itu intinya menjamin peserta yang terkonfirmasi Covid-19 dan sedang menjalani isolasi, agar instansi pusat dan atau instansi daerah menyampaikan surat kepada Kepala BKN didukung surat rekomendasi dokter dan hasil swab serta keterangan menjalani isolasi.

”Peserta tersebut memang tidak hadir dan sedang menjalani isolasi, dan untuk pelaksanaan SKB-nya itu ditunda hingga 26 September mendatang. Dan untuk pelaksanaanya dipusatkan di UPT BKN Bandarlampung,” kata dia.

Lebih lanjut Hikami mengungkapkan, pelaksanaan SKB di Gedung ITERA tersebut dilaksanakan dalam tiga sesi. Semua tahapan SKB berlangsung dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

”Hasil SKB akan diintegrasikan dengan hasil SKD oleh Panselnas. Sesusai tahapan yang ditetapkan oleh Panselnas direncakakan pengumuman hasil seleksi CPNS akan dialksanakan tanggal 30 oktober mendatang,” bebernya.

Sementara itu, terkait dengan 33 orang peserta SKB yang melaksanakan di instansi lain, pihaknya belum mendapatkan laporan terkait hasil maupun kehadiran dari para peserta mengingat pelaksanaan tidak berbarengan dengan SKB yang dilaksanakan di gedung ITERA. (nop/wdi)

Komentar

Rekomendasi