oleh

Berikan Pengalaman Mahasiswa, Universitas Teknokrat Indonesia Laksanakan PKL

RADARLAMPUNG.CO.ID – Mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia, melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) di sejumlah instansi pemerintahan dan swasta. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengalaman di lapangan bagi mahasiswa.

Ketua Program Studi Teknik Sipil, Dian Pratiwi, ST.,M.Eng., menjelaskan, pelaksanaan PKL, merupakan syarat wajib bagi mahasiswa yang harus dilakukan untuk menjadi syarat kelulusan dan menjadi sarjana teknik.

“Untuk jurusan Teknik Sipil, PKL yang dilakukan pada proyek infrastruktur, salah satunya pada proyek pembangunan fly over atau jembatan layang Sultan Agung,” jelasnya, Senin (14/9).

Dikatakan Dian, tujuan digelarnya PKL bagi mahasiswa, agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung mengenai pengerjaan infrastruktur di lapangan. Lalu, agar mahasiswa dapat mempelajari permasalahan-permasalahan yang ada di suatu proyek konstruksi.

“Sebagai bahan pembelajaran pertama, mahasiswa yang nantinya akan terjun langsung di dunia konstruksi bangunan,” ungkap dosen www.teknokrat.ac.id

Ia menambahkan, tidak hanya di proyek pembangunan jembatan layang Sultan Agung, tetapi mahasiswa Teknik Sipil Universitas teknokrat indonesia juga melaksanakan PKL di berbagai proyek infrastruktur yang ada di Lampung, diantaranya pada bendungan, embung, pelabuhan, dan super blok.

Praktek kerja lapangan (PKL), dilaksankan selama 2 bulan. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam pelaksanaan PKL meliputi pengamatan mengenai alat dan bahan yang digunakan, metode dan tahap pengerjaan, serta manajemen proyek dimana tempat mahasiswa melaksanakan PKL.

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr. Mahathir Muhammad,SE.,MM., menuturkan, praktik kerja lapangan akan memberikan tambahan ilmu dan wawasan kepada mahasiswa Teknokrat. Serta mahasiswa juga mendapatkan pengalaman langsung mengenai pengerjaan di lapangan.

“Sebagai mahasiswa kampus swasta terbaik di Lampung, tentunya mahasiswa kita akan melakukan yang terbaik, dan menjaga nama baik Universitas Teknokrat Indonesia. PKL ini sangat penting, sehingga mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang didapatkan dari kampus langsung dan bisa dipraktikkan di tempat mereka PKL,” pungkasnya. (Rls/Des/yud)

Komentar

Rekomendasi