oleh

Kasus Covid-19 di Lampung Kian Naik, Begini Penjelasan Diskes

RADARLAMPUNG.CO.ID – Penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Lampung dua hari ini naik tajam, pada Sabtu (12/9) total 44 kasus, sementara Minggu (13/9) sebanyak 49 kasus.

Mulai naiknya penambahan kasus harian membuat total kasus Covid-19 di Lampung menjadi 604 kasus. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan, adanya kenaikan kasus karena adanya perluasan tracing.

Memang dari data yang diperoleh pada Sabtu lalu, data penambahan konfirmasi Covid-19 total 44 kasus. Dari jumlah ini terdapat 39 orang yang merupakan hasil tracing pasien terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya. Sementara hanya 5 orang yang tercatat kasus baru.

Begitu pula dengan penambahan kasus Covid-19 per Minggu, di mana total kasus sebanyak 49 orang. Yang terdiri dari 36 merupakan hasil tracing kasus dan 13 orang merupakan kasus baru.

“Ya memang kita terjadi peningkatan kasus ini salah satunya adalah kita melakukan salah satu strategi untuk kita menghadapi second wace, yaitu kita harus melakukan perluasan kontak tracing secara snowball. Karena itulah akhirnya didapatlah positif-positif baru yang kebanyakan adalah OTG atau positif covid-19 tapi asimtomatis (tanpa gejala),” beber Reihana.

Menurutnya, dari hasil analisa yang telah dilakukan dari kasus-kasus yang didapat, menghasilkan kesimpulan bahwa selama ini masyarakat masih belum patuh terhadap para protokol kesehatan.

“Walaupun kita kontak erat, tapi kita ada tidak ada yang positif berarti kita masih patuh protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak mungkin saat berkumpul dan selalu cuci tangan,” tambah Reihana.

Dia menambahkan, perluasan kontak tracing memang terlihat dalam peningkatan kasus. Hal itu juga menjadi salah satu yang solusi agar cepat memutus rantai penularan dari Covid-19 yang ada di Lampung

Untuk menekan angka penambahan Covid-19 di Lampung, Dinas Kesehatan beserta jajarannya juga terus melakukan sosialisasi, mulai dari rilis harian untuk mengedukasi masyarakat dengan cara menerapkan protokol kesehatan.

“Namun kembali lagi kepada masyarakat, kami mengharapkan sebenarnya hal protokol kesehatan itu bukan untuk pemerintah, bukan untuk siapapun tapi untuk diri kita sendiri. Karena dengan cara kita melakukan protokol kesehatan itu udah bisa kita untuk memutus rantai penularan dari pada Covid-19,” lanjutnya.

Sementara dengan adanya penambahan kasus konfirmasi Covid-19 di Lampung saat ini membuat angka reproduksi efektif di provinsi Lampung pada hari ini di angka 1,32 dan 2 minggu terakhir angka reproduksi efektif bertugas antara 1 sampai dengan 2,8. Dalam arti pandemi belum sepenuhnya dapat di kendalikan.

“Kemudian informasi tentang jumlah tempat tidur ruang isolasi yang ada di Lampung, dari 36 rumah sakit rujukan. Untuk jumlah ketersediaan tempat tidur baik dengan ventilator ataupun ada dengan tekanan negatif dan juga isolasi ruang isolasi biasa total 366, saat ini terpakai 77 tempat tidur. Sehingga sisa tempat tidur di rumah sakit rujukan yang ada di Lampung berjumlah 289,” tambahnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi