oleh

Segera Tes Massal ke Desa-desa!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Anggota Komisi IV DPRD Pesawaran Bambang FX meminta tim Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan melakukan rapid tes massal ke sejumlah desa yang diperkirakan didatangi Ra dan AS.

Pasalnya dua warga Desa Sidumulyo tersebut tidak menjalani isolasi mandiri dan melakukan aktifitas seperti biasanya. Sementara kemudian mereka dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Seperti Ra yang berprofesi penjual kerupuk dan berkeliling ke sejumlah wilayah. Seperti Desa Grujukan Baru, Roworejo, Poncokresno, Trisnomaju dan Desa Lumbirejo hingga desa di Pringsewu.

“Segera lakukan rapid tes ke sejumlah desa yang didatangi Ra. Karena (pergerakan Ra) sudah meluas. Tim Gugus Tugas harus bergerak cepat. Ini tidak bisa dibiarkan,” tegas Bambang saat sidak ke UPT Puskesmas Roworejo, Kecamatan Negerikaton, Senin (14/9).

Lambatnya koordinasi UPT Puskesmas Roworejo dengan tim gugus tugas di Desa Sidumulyo juga merupakan langkah yang teledor.

Pasca tes Swab, Kamis (10/9), seharusnya mereka segera berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas desa hingga kabupaten. Dengan begitu bisa diambil langkah langkah preventif

“Ketika sudah ada indikasi warga yang terpapar virus Corona, tenaga medis harus segera berkoordinasi dengan gugus tugas di desa. Tetapi kedua warga hanya disarankan isolasi mandiri. Sejauh mana efektifitas isolasi mandiri. Apalagi mereka sudah diambil Swab dan hasilnya positif,” urainya.

Saat ini, lanjut Bambang, warga yang positif covid-19 dapat diisolasi ke RSUD Pesawaran dan melakukan tindakan cepat ke bawah.

“Sampai hari ini tim gugus tugas kabupaten dan dinas kesehatan belum ada tindakan cepat. Kan di RSUD ada ruang isolasi. Untuk apa ruangan tersebut kalau tidak digunakan,” tandasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi