oleh

Balitbangda Lampung Bersama Teknokrat Gali Produk-produk Inovatif Melalui Lomba Iptek

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Teknokrat Indonesia menjadi tuan rumah pembukaan Lomba Apresiasi Anugerah Iptek tahun 2020. Lomba ini diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr. Mahathir Muhammad, SE.,MM., menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Lampung telah mempercayakan Teknokrat sebagai tuan rumah lomba inovasi Iptek tahun 2020.

Selain itu, Teknokrat yang telah meraih akreditasi Institusi “Baik Sekali” tersebut juga akan memberikan beasiswa kepada para pemenang lomba apresiasi anugerah Iptek tahun 2020 dari semua kategori. “Juara 1, 2, dan 3, lalu juara harapan 1, 2, dan 3 dari seluruh kategori. Sehingga ada 18 orang yang akan diberikan beasiswa dari Teknokrat,” ujarnya, Selasa (15/9).

Sementara, Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Ir. Hamartoni Ahadis,M.Si., menuturkan, masa pandemi covid-19, fokus ilmu pengetahuan terutama bidang kesehatan adalah menciptakan vaksin yang terbaik secepat mungkin. Sementara di bidang Iptek, banyak memfokuskan pada teknologi, penyediaan sarana prasarana pendukung, serta pengobatan pasien positif maupun inovasi-inovasi terkait upaya pencegahan penularan covid-19 di masyarakat.

Dikatakannya, era pandemi tentunya semakin terasa dibutuhkannya sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan dapat berfikir serta bertindak cepat. Sejalan dengan perkembangan dunia yang penuh ketidakpastian kapan akan berakhirnya wabah covid.

Dalam upaya mendorong tumbuhnya iklim inovasi yang baik dan tumbuhnya kreativitas potensial di Lampung, Balitbangda Provinsi Lampung menyelenggarakan lomba apresiasi anugerah Iptek Provinsi Lampung tahun 2020.

“Sebagai apresiasi atas kerja keras dan hasil karya yang dihasilkan oleh peserta lomba, maka pemenang lomba akan mendapatkan beberapa hadiah berupa piala sertifikat penghargaan, uang tunai serta juga akan diberikan beasiswa kuliah di Universitas Teknokrat Indonesia,” jelasnya.

Di akhir acara, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf,SE.,MBA., menyampaikan dalam sambutannya, dengan diselenggarakannya lomba apresiasi anugerah IPTEK dengan tema “Inovatif Daerah untuk Lampung Berjaya” tersebut diharapkan mampu menghasilkan banyak penemuan baru yang inovatif.

Pihaknya juga berharap kepada Pemprov Lampung dapat membantu pembiayaan jika ada penelitian lebih lanjut dari produk inovatif tersebut.

Selain itu, pihaknya juga berharap jika terdapat produk yang memungkinkan untuk lebih dikembangkan lagi, pemerintah dapat membantu untuk memperoleh hak paten termasuk untuk ditingkatkan memperoleh SNI.

“Dan juga bisa membantu untuk memasarkan produk-produk inovatif tersebut ke masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui, lomba tersebut diikuti oleh 76 peserta atau judul yang terdiri dari umum 42 peserta; peneliti 13 peserta; dan pelajar 21 peserta.

Setelah dilakukan seleksi naskah pada 13 hingga 20 Juli lalu, saat ini yang mengikuti tahap seleksi presentasi final, dari umum 6 tim, pelajar 6 tim, dan peneliti 6 tim. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi