oleh

Kanwil Kemenag Optimis Tiga Film Terbaik Lampung Berikan Warna Ditingkat Nasional

Radarlampung.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag)  Provinsi Lampung menyelenggarakan Penganugerahan Film Terbaik Islamic Short Movie Competition (ISMC) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2020, di Aula Saibatin, Selasa (15/9).

Kakanwil Kemenag Lampung, Juanda Naim mengatakan, Gelaran yang mengusung tema Jejak Wali di Nusantara ini, diharapkan dapat menampilkan jejak di daerah selain Walisongo yang telah dikenal. Sehingga, dirinya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan tentunya dengan tema yang lebih variatif lagi. Karena ISMC ini ada event nasionalnya dan merupakan panggung yang baik untuk kreatifitas generasi milenial, baik yang ada di madrasah, pondok pesantren, maupun di perguruan tinggi,” ungkapnya.

Juanda juga berharap Tiga Film terbaik Lampung akan mampu memberikan Warna di Tingkat Nasional.”Ini membuktikan bahwa Potensi Potensi anak muda di Provinsi Lampung mampu berbicara ditingkat nasional,”tambahnya.

Sementara, Kabid Penais, Zakat, dan Wakaf Drs. H. Luqmanul Hakim, MM menjelaskan, tujuan dari acara tersebut, untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan seni budaya Islam di nusantara. Untuk aspek penilaian film meliputi orisinalitas, kesesuaian isi dengan tema, kekuatan pesan, teknik visualisasi, dan kreativitas.

“Karena kegiatan ini memberikan kesempatan kepada generasi milenial untuk berkreasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Serta untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui seni budaya Islam di nusantara,” katanya.

Kasi Seni Budaya Islam dan musabaqoh Al-Quran dan Al-Hadits, Sofian hadi selaku pelaksana kegiatan ini menambahkan, Penilaian telah dilaksanakan pada tanggal 24-25 Agustus 2020 lalu di Hotel Kurnia 2 Bandarlampung dengan melibatkan juri yang terdiri dari unsur Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Budayawan, Jurnalis, youtuber, dan praktisi IT.

Peringkat film pendek terbaik yang berdurasi tidak lebih dari 15 menit ini, diraih oleh Hayatul Haqqi dan kawan-kawan dengan judul film Kiai Bambu Seribu yang menjadi Terbaik I dan berhasil meraih hadiah uang pembinaan Rp7,5 Juta, disusul  Meri Octaria dan kawan-kawan dengan judul film Amanah sebagai Terbaik II yang mendapatkan hadiah sebesar Rp 5 juta, dan Tamrin Jaya dengan judul film Sayyid Abu Bakar Hussein Al-Attas yang meraih Terbaik III dengan hadiah sebesar Rp 3.5 juta.

“Ketiga Film terbaik ini akan mewakili Lampung ke tingkat nasional yang berlangsung pada 16-18 September 2020 mendatang,”pungkasnya. (gie/yud)

Komentar

Rekomendasi