oleh

Lelang Logistik Pilkada Dimulai, KPU Bandarlampung Tunggu PKPU

RADARLAMPUNG.CO.ID– KPU RI sudah menayangkan lelang bahan kampanye di beberapa daerah.
Di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) KPU Ri, beberapa daerah yang sudah ditayangkan lelang bahan kampanye diantaranya Kabupaten Bengkayang senilai Rp290,4 juta, Kabupaten Ketapang (Rp306,91 juta), Kabupaten Sintang (Rp280,31 juta) dan Kabupaten Poso (Rp919,16 juta).

Kendati demikian, belum ada satupun lelang yang ditayangkan atas nama delapan daerah di Lampung, khususnya Bandarlampung.

Ketua KPU Kota Bandarlampung, Dedy Triadi mengatakan, kepastian pengadaan barang dan jasa mengenai bahan kampanye dan sebagainya saat ini masih menunggu aturan teknis dari KPU RI.

“Belum, masih menunggu PKPU terkait kampanye. Terutama spesifikasi, jumlah, serta jenis alat peraga kampanye, spanduk dan umbul-umbul serta bahan kampanye. Nantinya, pengadaan melalui e katalog, kerjasaama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Selain itu juga, masih menunggu penetapan pasangan calon,” ucapnya, Selasa (15/9).

Dia mengatakan, akan melakukan lanjutan rakor tentang kampanye dan segala persoalan pendukung, baik bahan, alat peraga maupun dana kampanye calon. “Pembahasan teknis nanti akan dibahas dalam rakor itu. Rencananya, 16-18 September 2020,” kata dia.

Dedy bilang, persoalan logistik juga sudah pernah dibahas beberapa waktu lalu. Di mana, semua pengadaan logistik harus merujuk pada e katalog. Dia mengaku pihaknya setuju dengan sistem ini dimana, lantaran prosesnya bisa lebih transparan. “Tentu kita sangat setuju dengan e katalog sebab prosesnya bisa lebih transparan dan akuntabel,” ucapnya.

Dalam prosesnya, kata Dedy, nantinya lelang dilakukan dengan satu wadah yakni Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULPBJ) Provinsi Lampung. “Iya panitia lelangnya jadi satu di Provinsi. Kita tinggal keterkaitan kontrak saja. Dan rekanan, sudah terdaftar di LKPP dan di KPU RI,” ujarnya.

Dedy melanjutkan, nantinya ada 14 item yang akan dilakukan lelang. Diantaranya, Kotak Suara, Surat Suara, Tinta, Kabel Tis,dan hologram. “Ada juga yang terkait kebutuhan Covid-19. Tapi, yang berkaitan dengan APD itu lebih mengutamakan UMKM di daerah,” kata dia. (abd/wdi)

 

Komentar

Rekomendasi