oleh

Pascasarjana S3 FKIP Dibuka, Ini Tahapan Pendaftarannya

RADARLAMPUNG.CO.ID – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) membuka pendaftaran pascasarjana program doktor (S3) pendidikan. Pembukaan mulai 14 sampai 25 September.

Dekan FKIP Unila Prof Patuan Raja melalui Wakil Dekan I FKIP Dr. Sunyono menjelaskan, jumlah mahasiswa yang akan diterima sebanyak 10 orang, dan sesuai dengan peraturan pada pedoman penyelenggaraan program doktor di Unila, mahasiswa dari dalam (Unila) maksimal 20 persen.

“Jadi dari dosen Unila kita menerima 2 orang, dan sisanya dari luar Unila,” ujarnya, Senin (14/9).

Ia menerangkan, persyaratan untuk mendaftar di program S3 di antaranya, berijazah S2 dengan IPK minimal 3,25, dan lulus seleksi administratif. Setelah itu, peserta mengikuti tes potensi akademik dan wawancara. Tes akan dilaksanakan pada 28 dan 29 September.

“Untuk tambahan persyaratan yang diserahkan sebelum pelaksanaan tes, seperti surat rekomendasi dari dua guru besar atau satu guru besar dan satu doktor lektor kepala. Surat izin pimpinan dari instansi atau lembaga yang berwenang, publikasi ilmiah yang sudah diterbitkan atau penelitian yang telah dilakukan. Serta riwayat hidup, dan rancangan proposal disertasi sebanyak 2500 kata,” ungkapnya.

Ia menambahkan, awal perkuliahan diperkirakan akan dilaksanakan pada 11 Oktober setelah digelar pengenalan sistem akademik pascasarjana.

“Sementara untuk pengajar, kita sudah menyiapkan 4 profesor, dan 8 doktor,” tukasnya.

Adapun beban studi mahasiswa Pascasarjana Doktor Pendidikan sebanyak 42 SKS dengan masa studi maksimal tujuh tahun. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi