oleh

PLN Peduli Yakinkan Warga untuk Kembali ke Pertanian

RADARLAMPUNG.CO.ID – Telah cukup lama ibu-ibu di Dusun Sinar Laut, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan berdiam diri di rumah. Menantikan bantuan bulanan dari pemerintah maupun menunggu info lowongan kerja untuk menghidupi keluarganya.

PLN Peduli hadir memberikan solusi atas ketidakpastian tersebut dengan program Sebalang Ecopark.

Dirintis pada tahun 2016, dimulai sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial PLN terhadap lingkungan.

Awal program, diikuti sebanyak enam ibu-ibu. Mereka bercocok tanam sayur mayur, cabai, kacang tanah, daun bawang, ubi kayu dan pepaya (tanaman muda).

Banyak rintangan yang dihadapi. Namun hasil takkan pernah mengkhianati usaha.

Berkat kegigihan dan semangat pantang menyerah, pemanfaatan lahan kosong dan teknik pertanian sedemikian rupa, program ini sukses dan mencapai hasil yang diharapkan.

PLN juga telah memberikan bantuan dana CSR sebanyak dua kali pada tahun 2018 dan 2020.

Warga yang mengikuti program Sebalang Ecopark. FOTO ISTIMEWA

Pada program Sebalang Ecopark, dalam sebuah lahan akan ada areal pertanian, peternakan dan perikanan. Tujuannya memberi harapan baru kepada masyarakat dengan mengubah lahan yang kosong tersebut menjadi produktif.

Mayoritas pekerjaan harian masyarakat sebelum adanya program PLN Peduli yakni peternak dan pekerja serabutan. Dengan omzet awal sekitar Rp2 juta per bulan.

Saat ini dapat mencapai omzet Rp6 juta per bulan (walaupun sedang dalam masa pandemi seperti sekarang ini).

Manager UPK Sebalang Rosyid Nurdin Fauzi menyampaikan harapannya agar program PLN Peduli terus berjalan berkesinambungan sehingga menciptakan peluang baru untuk kelompok tani lainnya. (adv)

Komentar

Rekomendasi