oleh

Maklumat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanggamus Nomor: 01/Gustu Covid-19/IX/2020

Maklumat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanggamus Nomor: 01/Gustu Covid-19/IX/2020

1. Mensosialisasikan dan menegakkan Peraturan Bupati Tanggamus No. 55 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, yang didalamnya mengatur penerapan disiplin dan sanksi sosial bila terjadi pelanggaran protokol kesehatan.
2. Menghimbau dan meminta seluruh kegiatan keramaian dan kerumunan, baik yang dilakukan oleh pemerintah, institusi vertikal dan masyarakat, untuk ditiadakan selama 14 hari kedepan, terhitung mulai hari ini Rabu tanggal 16 September 2020.
3. Kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan melalui daring/virtual sampai batas waktu yang belum ditentukan.
4. Melakukan tracing dari pasien 07 sampai 025 dengan rapid tes dan Swab pada keluarga kontak dan membatasi interaksinya sampai hasil tes rapid atau Swab diterima.
5. Melaksanakan rapid tes massal di Pasar Kotaagung pada tanggal 17 September 2020 dengan sasaran 500 pengunjung atau warga pasar, terutama lingkungan sekitar pasien 06.
6. Mengoptimalkan tenaga laboratorium kesehatan untuk pelaksanaan rapid dan Swab.
7. Memaksimalkan fungsi surveilance untuk mendeteksi penyebaran di masyarakat dan fasilitas kesehatan.
8. Polres Tanggamus selama masa pandemi Covid-19 tidak akan memberikan izin keramaian.
9. Mengoptimalkan tim gabungan dalam penerapan dan pelaksanaan Perbup. No 55 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid -19.
10. Pelaksanaan peribadatan di tempat ibadah tetap mengikuti protokol kesehatan.
11. Pemerintah daerah akan mengoptimalkan pemasangan banner dan baliho yang berkaitan dengan himbauan pemakaian masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.
12. Efektivitas pelaksanaan Peraturan Bupati Tanggamus No. 55 Tahun 2020 akan dievaluasi setelah 14 hari oleh Gugus Tugas dan Pemerintah Daerah.
13. Menginstruksikan seluruh jajaran pemerintah daerah, hingga tingkat kelurahan dan pekon untuk berperan serta dalam menyosialisasikan memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

Gugus Tugas Covid-19 juga mencanangkan jargon Jumawas Terhadap Covid-19.
1. Jujur bila dalam interaksi sosial kita ternyata positif Covid-19 maka segera lakukan isolasi mandiri dan lapor kepada petugas kesehatan.
2. Mawas diri, dimanapun, kapanpun, selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan.

 

Komentar

Rekomendasi