oleh

Puluhan ASN Pemkab Tuba Ramai-ramai Ajukan Mutasi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Tulangbawang (Tuba) ramai-ramai mengajukan mutasi pindah tugas.

Berdasarkan data yang dihimpun Radarlampung.co.id dari Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Tulangbawang, tercatat ada 47 ASN mengajukan mutasi. Jumlah tersebut tercatat dari Januari sampai Agustus 2020.

Sejak Januari, Tim Pertimbangan Kepegawaian Tulangbawang telah melakukan tiga kali sidang ASN yang mengajukan mutasi pindah tugas.

Dari sidang tersebut, terdapat satu ASN yang mengajukan mutasi pindah tugas ke Tulangbawang. Sebanyak 36 ASN mengajukan mutasi internal. Sementara 10 ASN mengajukan pindah tugas keluar daerah.

“Sudah putus dan diproses BKN. Ada 47 ASN yang mengajukan mutasi pindah tugas,” kata Kepala BKPP Tulangbawang Penliyusli PNR, Kamis (17/9).

Penli menerangkan, ada banyak alasan ASN mengajukan mutasi pindah tugas. Salah satunya yakni ingin dekat dengan keluarga.

Syarat mengajukan mutasi pindah tugas sendiri tidak mudah. Apalagi jika ingin mutasi keluar daerah. Di antaranya yakni minimal harus mengabdikan diri selama lima tahun dan melengkapi berkas administrasi lainnya.

Sementara itu, yang menentukan disetujui atau tidak pengajuan mutasi pindah tugas ASN tersebut harus melalui persetujuan Bupati. Selain itu juga harus melalui sidang pertimbangan BKN.

Penli berharap kepada ASN di lingkup Pemkab Tulangbawang jika ingin mengajukan mutasi kerja ke luar daerah harus mencukupi masa kerja dan melalui persetujuan dari instansi yang melepas.

Dia mengakui setiap tahun jumlah ASN Tulangbawang mengalami penyusutan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan itu, seperti telah memasuki masa pensiun. Tahun ini saja, tercatat ada 70 ASN memasuki masa pensiun. Ada juga yang mengajukan mutasi pindah tugas keluar daerah.

Sementara, berdasarkan analisis kebutuhan, saat ini Pemkab Tulangbawang juga masih kekurangan 5.610 orang ASN. Jumlah ASN Tulangbawang sendiri saat ini sebanyak 4.235 orang.

Karena itu, pada penerimaan CPNS tahun 2021 mendatang, Pemkab Tulangbawang telah mengusulkan 1.375 formasi untuk menambal kekurangan jumlah ASN. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi