oleh

Terimbas Pandemi, Maba di PTS Menurun Drastis

RADARLAMPUNG.CO.ID – Perguruan Tinggi Swasta di Lampung turut merasakan dampak pandemi Covid-19. Bahkan menyentuh semua aspek. Termasuk pendapatan juga penerimaan mahasiswa baru.

Ketua APTISI Wilayah II-B Lampung Firmansyah Y Alfian mengungkapkan, sebagian besar perguruan tinggi swasta di Lampung mengalami penurunan dalam penerimaan mahasiswa. Namun, meskipun mengalami penurunan, PTS di Lampung masih bertahan di pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah teman-teman PTS lain masih berjuang. Meskipun mengalami penurunan, kami masih bertahan,” kata Firman, Kamis (17/9).

Menurutnya, dari 71 PTS yang ada di Lampung, tak lebih dari 10 kampus yang menerima mahasiswa baru di atas 500 orang, bahkan ada sekitar 30 kampus yang menerima mahasiswa di bawah 100 orang.

“Iya ini kondisi yang sangat memprihatinkan buat kita semua. Untuk itu sering saya sampaikan ke teman-teman PTS, kami mencoba menjembatani dengan jumpa pak Gubernur, Bupati, atau Walikota. Ya harapannya adalah agar mereka juga mengulurkan tangan,” katanya.

Penurunan penerimaan mahasiswa baru juga dialami IIB Darmajaya, kampus yang ia pimpin. Ia menuturkan, penurunan penerimaan mahasiswa baru di IIB Darmajaya sekitar 30 persen. Di mana, hingga saat ini, mahasiswa baru di IIB Darmajaya tercatat 700an orang.

“Ya kita syukuri. Memang turun, kalau tahun kemarin, jumlah mahasiswa baru kita mencapai 1.200an,” imbuhnya.

Pihaknya juga bersyukur, Kemendikbud memberikan perhatian dengan keringanan UKT bagi PTN maupun PTS. Sehingga, hal tersebut bisa mengurangi beban pembayaran mahasiswa di situasi saat ini.

“Kemarin pada saat dapat bantuan UKT semua perguruan tinggi juga terbantu. Untuk PTS mendapatkan sekitar 10 persen dari jumlah mahasiswa aktif. Kalau di Darmajaya, kita dapat kuota 329 orang, sekitar 10 persen dari mahasiswa aktif, dan kampus lain juga rata-rata dapat kuota 7-10 persen. Alhamdulillah, kita terbantu,” terangnya.

Selain itu, Darmajaya juga memberikan beasiswa yayasan kepada calon mahasiswa baru dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bahkan, bagi mahasiswa yang tidak dapat bantuan, Darmajaya memberikan kelonggaran dengan cara mencicil untuk pembayaran uang kuliah di kampus tersebut.

“Nanti menjelang ujian akhir semester, silahkan dilunasi. Itu bentuk perhatian kami ke mahasiswa,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi