oleh

PKBI Lampung Gelar Showcasing 2020

Radarlampung.co.id – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung, menggelar acara Showcasing 2020 dengan mengusung edutainment Get Up Speak Out (GUSO)The Journey.

Dengan menghadirkan tiga narasumber talkshow diantaranya, Cindani Trika Kusuma, M.Psi. (Psikolog), Ust. Abdul Aziz, S.H., S.Pd.I., M.Pd.I (Sekretaris MUI Bandarlampung) dan Rahman Hidayat (youth champion dari SMPN 22 Bandarlampung). Event ini di Moderatori oleh Cindy Tania.

Program Manager GUSO, Sugesti Aprilia, S.S menyampaikan, Showcasing 2020 merupakan sebuah kegiatan penutupan program GUSO yang diimplementasikan di 7 negara diantaranya Ethiopia, Ghana, Malawi, Kenya, Uganda, Indonesia dan Pakistan.

“Kalau di Indonesia digelar di lima daerah yakni Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Timur  (NTT). GUSO sendiri merupakan program yang bertujuan agar remaja dapat menyuarakan hak-hak kesehatan seksual dan reproduksinya,” jelasnya.

Melalui program GUSO, tambah dia, PKBI Lampung bersama mitra terkait telah mengimplementasikan pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi (kespro) yang diselenggarakan di sekolah-sekolah maupun melalui forum pendidikan informal/komunitas dari tahun 2016-2020.

Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan dukungan publik bagi pemenuhan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) bagi remaja, mendorong orang muda agar mampu menyuarakan hak dan kebutuhannya atas kesehatan seksual dan reproduksi, meningkatkan pemahaman remaja dan masyarakat akan pentingnya kesehahatan reproduksi, penguatan struktur dan manajemen jaringan remaja ragam identitas dan masih banyak lagi.

“Kami berharap, kegiatan ini mampu menarik perhatian para pemangku kebijakan tentang pentingnya isu-isu HKSR dan isu-isu remaja,” katanya.

Sementara, Ketua pelaksana GUSO the Journey, Ria Silsiliyani menambahkan, Showcasing 2020 mengangkat tema Aku Berubah. Tema ini, dipilih sebagai bentuk terwujudnya perubahan-perubahan maupun proses-prosesnya yang telah dirasakan oleh penerima manfaat program GUSO.

GUSO sendiri merupakan program yang sudah berjalan selama 5 tahun sejak 2016 hingga 2020, di penghujung tahun 2020 ini yang merupakan akhir dari program yang ditutup dengan acara showcasing ini.

Pada Penutupan acara showcasing 2020 ini dimulai dengan penayangan video kompilasi yang merangkum seluruh kegiatan yang sudah berlangsung selama 5 tahun, talkshow, dan hiburan hiburan lainnya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk rasa terimakasih atas peran setiap individu dan lembaga yang telah membantu dan mendukung selama lima tahun terakhir untuk menyuarakan suara orang muda,” ucapnya.

Kegiatan tersebut, didalamnya juga melibatkan penerima manfaat, mitra. Dimana, stakeholder terkait serta masyarakat umum dapat menyaksikan hasil kerja selama 5 tahun yang berarti besar bagi orang muda di Bandarlampung.

“Didalamnya juga terdapat agenda campaign, perlombaan, penyebaran informasi pra-kegiatan serta acara puncak yang berbentuk webinar,” tutupnya.(gie/rls/yud)

Komentar

Rekomendasi