oleh

Kasus Covid Terus Bertambah, Dinkes Lampung Minta Daerah Perketat Prokes

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengingatkan soal kembali harus diperketatnya protokol kesehatan yang ditetapkan tak hanya di Bandarlampung, namun juga di kabupaten lainnya mengingat adanya peningkatan jumlah kasus baru Covid-19.

Kadiskes Provinsi Lampung Reihana mengatakan, upaya pencegahan berlaku mulai dari lingkungan terkecil keluarga, RT, RW, hingga kabupaten bahkan provinsi.

“Jadi bagaimana kita cara mengatasi corona ini kita menggunakan metode pentahelix. Jadi ada pencegahan yang dilakukan mulai dari akar rumput, mulai dari keluarga, RT, RW kelurahan. Jadi kita minta lihatlah pada awal-awal kita mendapatkan pandemi ini, kita sangat kompak, sangat kuat menjaga pintu masuk. Jadi sekarang ini kita juga menghimbau kembali agar apa dengan desa tangguh ya dan lain-lainnya itu ya tanggap Covid-19,” beber Reihana.

Dia juga meminta masing-masing daerah juga punya inovasi dalam menangani Covid-19. Hal itu perlu digiatkan kembali mengingat ada perkembangan kasus yang meningkat saat ini. “mari kita giatan kembali, karena dengan melihat perkembangan kasus yang semakin meningkat ini ya mudah-mudahan tergugah kembali untuk kita memperkuat pengawasan (masyarakat di desa),” lanjutnya.

Dia menambahkan, dalam menangani pandemi Covid-19 ini tidak mungkin bisa diselesaikan hanya oleh satu jajaran saja. semua harus bahu-membahu untuk menyelesaikan masalah kan domino ini. “Covid-19 ini tidak akan selesai dengan kita tidak bekerjasama tentunya,” lanjutnya.

Reihana juga mengingatkan bagi masyarakat yang sudah tahu terkonfirmasi Covid-19 dan berstatus tanpa gejala harus benar-benar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dirumah.

“Kalau memang yakin untuk melakukan isolasi mandiri secara pribadi ya kita persilahkan, namun kalau memang tidak yakin bisa melakukan isolasi mandiri silakan untuk menuju ke rumah sakit badan negara Husada yang ada di Jatimulyo, Lamsel. walaupun itu rumah sakit milik Pemerintah provinsi Lampung, sekali lagi mari kita memutus rantai penularan virus ini dengan cepat dengan cara kita betul-betul bekerja sama dan melakukan aturan-aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah,” tambahnya.

Sementara kasus konfirmasi positif Covid-19 di Lampung per Senin ada penambahan 10 kasus baru. Di mana kasus ini berasal dari kabupaten Lampung Utara 3 kasus, kabupaten Tanggamus 3 kasus, kabupaten Lampung tengah satu kasus, kota Bandarlampung 2 kasus, dan kota Metro 1 kasus.

“Dari 10 kasus tersebut hasil tracing ada 6 kasus dan kasus baru ada 4 orang. Dan yang tengah menjalani isolasi mandiri yang sedang menjalani 8 kasus dan dirawat ada 2 kasus,” beber Reihana.

Untuk pasien 729, perempuan 22 tahun dari Lampung Utara merupakan hasil tresing dari pasien 447. Kondisi pasien saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Pasien 730, laki-laki 22 tahun dan Lampung Utara merupakan hasil tresing dari pasien 511 saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Pasien 731 perempuan 38 tahun dari Lampung Utara merupakan kasus baru dan mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta. Pasien saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Pasien 732 perempuan 21 tahun dari Lampung Tengah merupakan hasil tresing dari pasien 637, kondisi saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Pasien 733 perempuan 71 tahun dari Bandarlampung.

“Pasien merupakan kasus baru dan saat ini sedang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Bandarlampung. Pasien 734 perempuan 27 tahun dari Bandarlampung juga merupakan kasus baru dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Pasien nomor 735 perempuan 30 tahun dari Tanggamus merupakan hasil tresikh dari pasien 626, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri,” lanjutnya.

Kemudian pasien 736 perempuan 44 tahun dari kabupaten Tanggamus merupakan hasil tracing dari pasien 632 dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. pasien 737 laki-laki 62 tahun dari Tanggamus merupakan hasil tresinh dari pasien 490 dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Pasien 738 laki-laki 29 tahun dari kota Metro merupakan kasus baru dan mempunyai riwayat perjalanan dari Kalimantan. Pasien saat ini sedang menjalani isolasi di rumah sakit pemerintah di Metro.

“selanjutnya untuk pasien yang sudah selesai diisolasi bertambah 9 orang. Yaitu dari Bandarlampung ada 8 orang dan dari Lampung Utara 1 orang. Untuk dari Bandarlampung yang selesai isolasi pasien nomor 497, 498, dan 499. Kemudian pasien pasien nomor 500, 502, 503, 504 dan 505. Sementara yang dari Lampung Utara adalah pasien nomor 511,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi