oleh

WTP 10 Kali Berturut-turut, Pemkot Bandarlampung Terima Penghargaan dari Kemenkeu

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota Bandarlampung mendapat penghargaan dari kementerian keuangan (Kemenkeu), atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) selama 10 kali berturut-turut.

WTP ini diraih atas laporan keuangan pemerintah daerah sejak tahun anggaran 2010 sampai dengan 2019. Peyerahan langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, penyeraha itu dalam kegiatan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 secara virtual di Aula Gedung Semergou Lantai IV, di gedung Semergou, Selasa (22/9).

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yang membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada BUMN dan Pemerintah daerah yang telah meraih predikat WTP atas laporan keuangan tahun 2020.

Selain Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Barat, Kota Metro dan Kabupaten Waykanan juga yang berhasil meraih 10 kali penghargaan WTP dari Kemenkeu. Sri Mulyani berharap, kepada pemerintah daerah yang belum mencapai WTP bisa mencontoh pemerintah daerah lain yang telah mendapatkan predikat WTP.

“Saya sangat menghargai untuk pemda yang telah mencapai 10 kali berturut-turut meraih WTP sehingga nantinya bisa menjadi contoh bagi pemerintah daerah yang lain dalam tata kelola keuangan daerah” kata Sri Mulyani.

Sementara, Walikota Bandarlampung Herman HN berharap, dengan diperolehnya WTP kesepuluh kalinya, administrasi dan pengelolaan aset daerah, dapat jauh lebih baik lagi kedepannya.

“WTP kita dapat 10 tahun berturut-turut, di tingkat nasional kita berada di tingkat nomor 5 atau 6 tadi. Mudah-mudahan kedepan lebih baik lagi administrasi keuangan dan termasuk asetnya juga,” katanya.

Dia mengatakan, saat semua aset daerah ini terkelola dengan baik. Ia menegaskan bahwa satu meter tanah pun tidak boleh diambil-ambil. Semuanya aset Pemkot Bandarlampung.

“Contoh saya sudah mendapatkan tempat di daerah Lapangan Waydadi. Tadinya bukan milik pemerintah tapi sekarang saya ambil dan Lapangan Wayhalim Permai,” jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa pihaknya saat ini sedang mensertifikatkan tanah di Kemiling yang merupakan milik pemerintah setempat juga. “Agar tanah-tanah kota ini terkelola dengan baik,” pungkas Herman HN.

Diketahui bahwa, selama masa kepemimpinannya wali kota menerima penghargaan atas pencapaian WTP 10 kali berturut-turut.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Sekda, Para Assisten, Para Staf Ahli, Inspektur, Sekwan, Para Kepala Badan/Dinas/Bagian di lingkungan pemerintah setempat. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi