oleh

Tak Hanya Faktor Lengah, Ini Beberapa Penyebab Tahanan BNNP Bisa Kabur

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung mengakui pihaknya lengah terkait kaburnya salah satu tahanan, meski kemudian mampu kembali dilumpuhkan. Namun, ternyata masih ada faktor lain.

Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol I Wayan Sukawinaya menuturkan, kapasitas sel tahanan di BNNP Lampung telah over kapasitas. “Sel kami tak layak untuk menahan banyaknya tahanan. Dari tahanan itu sebenarnya sudah ada tahanan kejaksaan. Sudah pelimpahan tahap kedua. Karena kondisi Covid-19 belum bisa dititipkan dan dibalikkan ke kami lagi,” kata dia, Rabu (23/9).

Terlebih, pihaknya pun tak memiliki petugas khusus yang menjaga sel tahanan. Berbeda dengan kepolisian. “Kalau kami sebenarnya bukan representatif tahanan di sini. Makanya sel kami ini rawan sekali. Dengan kondisi tahanan kita 14 orang. Lebih dari kapasitas. Tempat MCK-nya di luar. Itulah peluang tahanan bisa lari. Seharusnya MCK-nya di dekat ruang tahanan,” ungkapnya.

Dan memang saat ini BNNP Lampung menempati gedung yang bukan milik pihaknya. “Permasalahan ini nantinya akan kami koordinasikan dengan pihak kejaksaan maupun Kanwil Kemenkumham,” ucapnya sembari menerangkan bahwa persyaratan ruang tahanan juga tak memenuhi syarat dari segi keamanan. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi