oleh

Alhamdulillah, Tanggamus Dapat Bantuan Budidaya Lele Biofolk

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kabupaten Tanggamus  tahun ini mendapat bantuan budidaya lele bioflok dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Jambi. Menurut Kabid Perikanan Budi Daya, Sigit Bayu Premono mewakili Kepala Dinas Perikanan Edi Narimo, tahun ini satu kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang mendapat bantuan adalah Pokdakan Mitra Muda Mandiri Pekon Way Ilahan Kecamatan Pulaupanggung.

“Tahun ini kita mendapat bantuan satu unit budi daya lele dengan 10 kolam bundar beserta benih dan bangunannya, ini yang kedua sebelumnya tahun 2019 satu unit di Pekon Margodadi Kecamatan Sumberejo,”ujar Sigit, Kamis (24/9)

Dijelaskan Sigit bahwa benih total lele yang diterima Pokdakan Mitra Muda Mandiri sebanyak 32 ribu ekor untuk 10 kolam bundar dan pakan sebanyak 3,5 ton.”Bantuan sudah diserahkan tinggal menunggu berita acara serah terima dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Jambi yang sedang dalam proses,”terang Sigit.

Masih kata Sigit bahwa budidaya ikan dengan media kolam bioflok merupakan cara membudidayakan ikan dengan menciptakan mikroorganisme sekaligus membuat limbah pemeliharaan menjadi bentuk gumpalan kecil sebagai pakan alami ikan. “Beternak bioflok tidak membutuhkan lahan yang terlalu besar , simpel dan keuntungan lebih menjanjikan,”jelas Sigit.

Untuk mendapat bantuan lanjut Sigit, harus ada penyeleksian dulu dari kelompok kepada Dinas Perikanan Tanggamus, setelah diverifikasi baru diajukan.”Keputusan final tetap di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Jambi..Semoga tahun depan usulan dari Tanggamus kembali disetujui dengan jumlah penerima lebih dari satu kelompok,”harap Sigit.(ral/rnn/ehl/wdi)

Komentar

Rekomendasi