oleh

Dua Paslonkada Pesawaran Teken Deklarasi Damai, Berkomitmen Terapkan Prokes

RADARLAMPUNG.CO.ID- Kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran M.Nasir-Naldi Rinara (Bersinar) , Dendi Ramadhona-Marzuki (Dermawan) dan partai politik peserta Pilkada serentak 2020 sepakati deklarasi damai dengan disaksikan pihak TNI-POLRI, Kejari, KPU dan Bawaslu Kabupaten Pesawaran di Gedung Graha Adora, Kamis (24/9).

Dendi Ramadhona mengatakan pokok poin utama dari deklarasi damai yakni berkomitmen seluruh pasangan calon menerapkan disiplin protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas Pilkada.

“Ada 6 poin yang kami sepakati dalam deklarasi damai, dimana poin utamanya adalah kami berkomitmen disiplin menerapkan protokol kesehatan pada saat masa kampanye ataupun melaksanakan seluruh aktifitas calon,” ungkap Dendi.

Dendi mengatakan deklarasi damai digelar aparat kepolisian guna meningkatkan kondusifitas wilayah di Kabupaten Pesawaran dan menjaga iklim politik yang damai, sejuk dan tentram sampai dengan kontestasi pilkada berakhir. “Komitmen menjaga iklim politik yang damai sejuk dan tentram dalam perhelatan kontestasi pilkada sampai dengan 9 Desember nanti” tandasnya.

Sementara, Dandim 0421/Lampung Selatan, Letkol Kav Robinson Octavianus Bessie diwakili pabung Kapten Infantri Sugeng Pamuji menjelaskan bahwa TNI-POLRI netral dalam gelaran Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Pesawaran.

“Selain menjalankan perintah netralitas dalam pilkada yang memang diharuskan kepada seluruh TNI, kami juga sebagai TNI lebih siap untuk mengamankan jalannya Pilkada serentak Desember mendatang bersama Polri,” ujar Sugeng.

Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak lanjutnya di Desember mendatang guna mengendalikan massa, TNI-POLRI akan menyiagakan personil di setiap TPS untuk mengantisipasi kericuhan ataupun kerumunan menjelang Pilkada di Kabupaten Pesawaran.

“Saat pelaksanaan Pemilukada pada Desember mendatang, pihak polri akan meminta personil dari TNI yang nantinya akan menyesuaikan kebutuhan dari Polres Pesawaran untuk terjun kelapangan kesetiap TPS. Hal ini disiapkan di Koramil Gedongtataan guna menyiagakan personil dan mengantisipasi jika terjadi kericuhan atau hal yang bersifat anarkis untuk mengendalikan masa agar tidak terjadi kerumunan di lokasi TPS,” paparnya.

Selain itu, Sugeng mengatakan dengan deklarasi damai diharapkan seluruh elemen parpol dan masyarakat bisa menjaga keamanan dan ketertiban wilayah selama tahapan pemilukada berlangsung.”Dengan adanya deklarasi damai ini, diharapkan seluruh elemen partai politik dan masyarakat bisa menjaga keamanan dan ketertiban wilayah selama tahapan Pemilu berlangsung agar tercipta pilkada aman damai dan sejuk” tandasnya.(ozi/wdi)

Komentar

Rekomendasi