oleh

Mendikbud dan LLDIKTI Buka Propti Mahasiswa Baru Universitas Teknokrat

RADARLAMPUNG.CO.ID- Program Orientasi Pendidikan Tinggi (Propti) Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Teknokrat Indonesia dibuka oleh Plt. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II secara virtual, Kamis (24/9). Orientasi mahasiswa baru ini dilaksanakan mulai Kamis (24/9) hingga Sabtu (26/9).

Plt. Kepala LLDikti Wilayah II Dr. Nuril Furkan, M.Pd. melalui virtual menyampaikan ketika masuk lingkungan Universitas Teknokrat tentunya telah menerima predikat calon Sang Juara. Maka menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa baru menyandang predikat tersebut. Tetapi juga menjadi motivasi agar calon sang juara menjadi juara di kemudian hari. Menurutnya, mengawali menjadi sang juara sangatlah mudah. Tetapi mempertahankan sang juara sangat sulit. Maka menjadi salah satu pendorong semangat untuk terus menjadi yang terbaik.
Dikatakannya, menjadi sang juara tidak dilakukan begitu saja. Tetapi by desain, by proses. Sehingga mampu melahirkan lulusan yang komptetitif di level nasional maupun Internasional.

“Keberhasilan saudara merupakan bagian terpenting dalam proses pendidikan di Universitas Teknokrat Indonesia. Karena itu saudara harus mampu memiliki pengetahuan yang tinggi, nilai-nilai karakter dan keterampilan-keterampilan yang saudara butuhkan pada saat berada di tengah-tengah masaya-rakat ke depan. Sebab, ke depan-nya persaingan dan kompetinsi akan semakin ketat. Maka orang-orang yang memiliki pengetahunan keterampilan dan karakterlah yang mampu bertahan,” katanya.

Plt. Kepala LLDikti Wilayah II Dr. Nuril Furkan membuka propti mahasiswa baru Universitas Teknokrat Indonesia. Foto dok Teknokrat

Sementara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melalui konferensi video menyampaikan jika saat ini semua masih berjuang di tengah pandemi Covid-19. Namun di sisi lain, pandemi juga banyak memberikan hikmah pembelajaran bagi semuanya.

Dikatakannya, metode pembelajaran berbasis teknologi termasuk pembelajaran secara daring, menjadi hal yang harus diadaptasikan dan dikembangkan. Ini seiring dengan dinamika adaptasi kurikulum yang perlu dilakukan oleh pihak perguruan tinggi. Kondisi ini diharapkan dapat memicu kreativitas dan inovasi bagi semua pihak, disamping menguatkan implemen-tasi kebiasaan baru.

“Adik-adikku mahasiswa baru seluruh Indonesia, menjadi mahasiswa artinya memasuki fase kehidupan baru, membentuk jati diri sebagai manusia seutuhnya melalui pendidikan tinggi. Meneruskan pembelajaran dari Ki Hajar Dewantara paradigma pendidikan seharunya perpulang pada kemerdekaan dan kemandirian pelaku pelajar,” ujar Nadiem Makarim.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim memberikan sambutan melalui video conference. Foto dok Teknokrat

Ketua Yayasan Universitas Teknokrat Indonesia Dr. Mahathir Muhammad, SE., MM., mengatakan, orientasi mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 merupakan perdana dilakukan secara online. Dan yang hadir hanya beberapa perwakilan dari program studi.

Dikatakannya, perkuliahan daring yang juga akan dilaksanakan oleh mahasiswa baru tersebut, merupakan kesempatan bagi mahasiswa. Sebab, perkuliahan daring membuat mahasiswa lebih fleksibel, dari segi waktu, tempat, dan biaya yang tidak mahal. Ditam bah, Kementerian Pendidikan juga sudah memberikan bantuan beasiswa dan kuota untuk bisa mengakses situs-situs pendidikan secara gratis. (adv/des/wdi)

Komentar

Rekomendasi