oleh

Dalam TMMD ke-109, Tak Hanya Sasaran Fisik yang Dilakukan Kodim 0410/KBL

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 oleh Kodim 0410/KBL, tak hanya sasaran fisik yang dilakukan TNI. Selain itu ada sasaran-sasaran non fisik, di antaranya penyuluhan tentang pencegahan Covid-19 pun pelaksanaan rapid test secara gratis di Kelurahan Garuntang.

Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes mengatakan, kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandarlampung. Yang di mana sasarannya ialah memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa Pandemi Covid-19 ini belum berakhir.

“Kami memberikan pengetahuan menjelaskan ke masyarakat, jangan salah menafsirkan new normal. Karena bukan pandemi itu sudah selesai dengan adanya new normal ini,” katanya, Minggu (27/9).

Dandim pun menambahkan, dalam new normal masyarakat harus hidup berdampingan dengan pandemi ini. Pun harus hidup sehat serta jaga kebersihan. Seperti physical distancing.

“Adanya penyuluhan sosial ini penting dengan harapan dapat merubah prilaku masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat dan bersih. Jangan hanya TNI dan Polri juga pemerintah saja, tetapi ini harus semua kalangan masyarakat agar ikut terlibat didalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini,” kata dia.

Masyarakat pun hendaknya jangan takut untuk di lakukan rapid tes, karena untuk mengetahui diri kita terpapar atau tidak. Juga sayangi keluarga apabila dalam tes hasilnya reaktif maka lakukan isolasi mandiri dan akan di pantau oleh survelen dari Puskesmas setempat.

“Apabila ada keluhan seperti batuk, demam, sering buang air segera ke rumah sakit terdekat agar cepat mendapatkan pelayanan dengan baik,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, kegiatan ini merupakan rangkaian dari yang ada di TMMD ke-109 selain kegiatan fisik. “Materi penyuluhan juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang ada di lokasi tersebut,” ungkapnya.

Selain itu juga, pihaknya pun melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan masyarakat sekitar. Yakni membagikan sembako-sembako. Yang dimana ada sekitar 50 sembako dibagikan.

“Kegiatan yang dilakukan ini sebagai bentuk perhatian dari Kodim 0410/KBL bersama Badan Amil Zakat Nasional. Dalam rangka membantu masyarakat dan sebagai langkah awal untuk mengeratkan tali silaturahmi dengan warga masyarakat yang berada di lokasi TMMD. Sehingga keberaadaan TNI di masyarakat akan semakin lebih dapat dirasakan,” ucapnya.

Sementara itu, warga sekitar: Sutinah mengucapkan sangat berterimakasih kepada TNI tentunya Kodim 0410/KBL. Telah memberikan bingkisan berupa sembako. “Kami sangat terbantu sekali dengan adanya TMMD ke-109 ini. Kampung kami pun akhirnya bisa dibangun. Semoga personel TNI yang sedang bekerja diberi keselamatan dan kelancaran,” pungkasnya. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi