oleh

Masa Pilkada, Perekaman Data E-KTP Tak Ada Lonjakan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) perekaman data e-KTP kerap mengalami lonjakan. Namun, tidak terjadi di Bandarlampung. Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil Bandarlampung A. Zainudin, Minggu (27/9).

Menurutnya, hal itu dikarenakan sebelumnya sudah dilaksanakan program pembagian e-KTP door to door. Sehingga, sebagian besar warga Bandarlampung telah mendapatkan belangko e-KTP. “Yang melakukan perekaman juga normal-normal saja, tidak terjadi lonjakan,” katanya.

Meskipun demikian, dirinya mengimbau masyarakat yang belum memiliki e-KTP bisa memelakukan perekaman di kantor Satu Atap Pemkot Bandarlampung atau mengunjungi kantor kecamatan setempat. “Kalau di gedung pelayanan satu atap kita batasi sehari itu 200 orang saja,” ujarnya

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di pusat Pemerintah Kota Bandarlampung. “Perekaman KTP untuk warga sementara dibatasi. Jika tidak dibatasi, dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan pada gedung pelayanan satu atap pemkot setempat,” jelasnya.

Pihaknya berusaha menerapkan protokol kesehatan seperti biasanya. Dikatakannya, Disdukcapil Bandarlampung secara umum melayani masyarakat akan keperluan dokumen kependudukan.

“Disdukcapil ini melayani masyarakat akan dokumen pencatatan sipil, tidak mengenal moment setiap jam kerja buka dari jam 7.30 pagi sampai jam 15.30 WIB,” ungkapnya.

Hal itu didukung dengan telah tersedianya blangko E-KTP untuk masyarakat Bandarlampung. “Kemarin karena blangko terbatas, kalau sekarang blangko kita sangat tersedia. Bagi masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan umur segera melaksanakan perekaman, sekarang 3 hari langsung jadi,” ujarnya. (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi