oleh

Meski Tak Ditempati, Rumdis Wawali Kota Bandarlampung Terus Dibangun

RADARLAMPUNG.CO.ID – Rumah dinas (Rumdis) Wakil Walikota Bandarlampung, sejak selesai dibangun akhir tahun 2018 tak pernah ditempati. Namun, rupanya belakangan tetap dianggarkan untuk pembangunan garasi tempat parkir.

“Bangunan yang sedang dibangun itu katanya diperuntukan untuk garasi atau tempat parkir,” kata salah satu penjaga gedung Rumdis itu kepada Radar Lampung, Senin (28/9).

Berdasarkan pantauan Radar Lampung, halaman dalam rumdis terawat dan bersih. Sementara dibagian luar gerbang rumput ilalang dibiarkan tumbuh memanjang begitu saja. Dari luar terlihat ruangan-ruangan rumdis tampak kosong dari perabotan rumah tangga.

“Ya, pak Kohar belum pernah kesini sejak saya diperintahkan jaga piket di rumdis, di dalamnya kosong engga ada isi,” ujar salah satu anggota Polisi yang enggan menyebutkan namanya.

Sementara, disisi bagian belakang rumdis sejajar dengan pos penjagaan tampak beberapa para pekerja bangunan sibuk menyelesaikan bangunan yang diketahui akan diperuntukan sebagai tempat parkir atau garasi.

Berdasarkan informasi di laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Kota Bandarlampung disebutkan pembangunan itu dikerjakan satuan kerja Dinas Pekerjaam Umum Kota Bandarlampung.

Bangunan itu dibangun menggunakan APBD Tahun 2020 sebesar Rp200 juta dengan metode pemilihan penunjukan langsung. Namun, hingga kini Radar Lampung belum mendapat keterangan resmi dari Pemkot Bandarlampung.

Baik keterangan dari Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandarlampung Supardi maupun Kepala Bagian Umum Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung Denis Adiwijaya.

Denis ditemui di ruangannya dua kali, sekira pukul 12.30 dan 14.30 disebutkan stafnya tidak berada di dalam ruang kerjanya, lalu nomor kontaknya meski dalam keadaan aktif, tak disangkat begitu pun pesan singkat hanya dibaca saja tak dibalas. Sedangkan Supardi, beberapa kali ditelepon tak merespons.

Diketahui sebelumnya, Wakil Walikota Bandarlampung M. Yusuf Kohar angkat bicara terkait alasannya tidak menempati (Rumdis) Wakil Wali Kota Bandarlampung yang terletak di Jl. Emir M. Noer, Telukbetung Utara hingga kini belum ditempatinya. Meskipun pembangunan, telah rampung sejam akhir 2018 silam.

M. Yusuf Kohar mengatakan, sebelumnya memang dirinya tak menginginkan adanya rumah dinas, karena menurutnya anggaran pembangunan tersebut dapat dialihkan untuk alokasi kegiatan yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat.

“Sudah saya sampaikan berulang kali, bahkan dulu pas saya jadi Plt. Wali Kota, saya bilang jangan ada pembangunan rumah dinas untuk saya, mending uangnya buat kesejahteraan rakyat,” ungkapnya kepada Radar Lampung saat di ruang kerjanya, Kamis (5/12/2019). (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi