oleh

Pemprov Lampung Keluarkan Program Bank Sampah, Apa Itu ?

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dalam upaya mendukung terwujudnya smart village di Lampung, Pemprov Lampung turut mengeluarkan program bank sampah.

Plt. Kadis Lingkungan Hidup Murni Rizal, menyebutkan progam bank sampah ini untuk mendukung smart village yang digagas Pemprov Lampung. “Jadi bank sampah nantinya akan ada di beberapa desa. Untuk sampelnya di Desa Hanura, Pesawaran. Jadi nanti pengelolaan sampah akan diarahkan ke pengelola bank sampah melalui BUMDes,” beber Murni yang ditemui di Kantor Gubernur Lampung Senin (28/9).

Menurutnya, selama ini pengelolaan sampah hanya 500 KK (kepala keluarga), kemudian hanya di angkut dan dikirim ke Bakung, Bandarlampung. Namun ada selisih biaya sumbangan masyarakat dan biaya operasional.

“Nah harapannya (bank sampah) bisa menggarap 2000 KK, dan tidak hanya selisih biaya angkut tapi ada pemilahan sampah baik organik dan non origanik. Jadi pengembangan lanjutnya dari pemilahan itu. Jadi bisa di pilah lagi dan bisa memiliki nilai jual lagi,” tambahnya.

Kemudian Muhammad Budi Setiawan, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3) DLH Provinsi Lampung menambahkan, Bank sampah nantinya akan dilokasikan berdekatan dengan lokasi Mall Rongsok milik Pemkab Pesawaran.

“Jadi nantinya bisa dibangun mall rongsok sebagai pusat display barang-barang rongsok yang sudah diperbaiki kembali sehingga punya nilai jual. Jadi barang dari bank sampai bisa dipilah dahulu, sampah organik jadi sampah dan lainnya dan mall rongsok untuk kepentingan yang tadi,” tambahnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi