oleh

Infrastruktur Masih Jadi Prioritas Pemkab Lamtim

RADARLAMPUNG.CO.ID-Penjabat sementara (Pjs) Bupati Lampung Timur Fredy SM menyampaikan rancangan kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) tahun 2021, Selasa (29/9).

Menurutnya, pada tahun 2021 program pembangunan di Lamtim diarahkan untuk  mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial. Karenanya, pembangunan masih diprioritaskan pada pemantapan bidang infrastruktur dan kawasan strategis.

Kemudian, pemantapan layanan pendidikan, kesehatan dan sosial, peningkatan produksi, nilai tambah, dan daya saing produk daerah. Selanjutnya, peningkatan investasi dan pariwisata untuk mendorong pengembangan UMKM, pemantapan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa. Selain itu juga, peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan pro rakyat berlandaskan peraturan perundang-undangan.

“Tahun 2021 sangat penting dan penuh tantangan bagi daerah. Dari sisi makro ekonomi dan sosial, Tahun 2021 adalah tahun pemulihan ekonomi dan sosial masyarakat akibat pandemi COVID-19 yang melanda negeri ini,” jelas Fredy SM melalui rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Ali Johan Arif.

Dilanjutkan, guna mewujudkan program tersebut tahun 2021 pendapatan daerah diproyeksikan mencapai Rp2,073 triliun. Itu antara lain bersumber dari pendapatan asli daerah (PAD) Rp164,721 miliar serta dana perimbangan Rp1,812 triliun. Kemudian, pendapatan lain-lain yang syah Rp95, 92 miliar.

Berdasarkan potensi pendapatan tersebut, anggaran belanja diproyeksikan mencapai Rp2,171 triliun. Antara lain, untuk belanja operasional Rp1,424 triliun, belanja modal, Rp289,056 miliar, belanja tak terduga Rp1 miliar dan belanja transfer Rp45,384 miliar. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi