oleh

BTPN Syariah Bangun Sarana Air Bersih

radarlampung.co.id – Filosofi bisnis Do Good Do Well yang dijalankan BTPN Syariah sejak didirikan, tetap dilakukan secara berkelanjutan. Kali ini tekad tersebut dijalankan melalui kegiatan Tepat Peduli yang dilakukan di 1000 titik di wilayah BTPN Syariah beroperasi.

Kegiatan yang digulirkan dalam bentuk pemberian bantuan infrastruktur fisik atau non fisik dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah serta masyarakat sekitar nasabah ini, telah dilaksanakan sejak penghujung 2019 lalu.

Tepat Peduli yang dilakukan dari Aceh hingga Kupang, Kalimantan dan Sulawesi ini menggandeng mitra strategis non profit yang bergerak di bidang pendidikan, lingkungan, dan penyediaan sarana serta prasarana fisik.

Diantaranya seperti Yayasan LAKPESDAM NU, Human Initiative, PT Waste4change Alam Indonesia, Yayasan WWF Indonesia, Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Yayasan Kemandirian dan Ketahanan Bangsa, Fatayat Nahdhlatul Ulama dan Pimpinan Pusat Aisiyah.

Adapun program yang telah terlaksana antara lain renovasi sekolah, pembuatan sarana hidroponik, pembuatan fasilitas MCK dan program infrastruktur sosial lainnya yang merupakan rekomendasi dari para leader BTPN Syariah di masing masing wilayah dan melibatkan komunitas nasabah dan masyarakat sekitar nasabah yang menerima dampak nyata dari adanya program ini.

Misalnya seperti di Desa Sumber Agung, Kelurahan Sumber Agung Kecamatan Seputih Mataram, Lampung Tengah. Melalui kerjasama dengan Dompet Dhuafa, BTPN Syariah membangun sarana air bersih berupa sumur bor dan tower air di desa tersebut.

Kaur Umum Desa Sumber Agung, Sunarto mengatakan, pembangunan sumur bor dan tower air ini diwujudkan karena warga di desa tersebut, belum memiliki sarana air bersih yang memadai di mushala mereka.

“Kami merasa sangat bersyukur dibangunkan sumur bor dan tower air, alhamdulillah sekarang warga kami bisa dengan mudah mendapatkan aliran air bersih selain untuk berwudhu juga bisa digunakan untuk keperluan warga sehari–hari seperti memasak dan mandi,“ tuturnya.

Pendapat yang sama juga disampaikan Imam Santoso dari Dompet Dhuafa Lampung Tengah. Menurutnya, sebagai relawan dalam pelaksana kegiatan ini, kerjasama yang baik dengan BTPN Syariah meningkatkan literasi kesehatan sesuai pilar ketiga dari Dompet Dhuafa.

Melalui program ini, BTPN Syariah secara tidak langsung mendukung Dompet Dhuafa dalam menjalankan amanah untuk menyebarluaskan kampanye bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kini masyarakat Desa Sumber Agung tidak hanya bisa berwudhu dengan lebih nyaman tetapi juga mendapatkan aliran air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Business Coach Wilayah Lampung, BTPN Syariah, Andi Setio mengatakan, ini merupakan wujud dari tekad BTPN Syariah sebagai bank yang fokus memberdayakan masyarakat prasejahtera untuk memberikan manfaat bagi sesama, sesuai dengan prinsip syariah Rahmatan lil Alamiin.

Tepat Peduli di Desa Sumber Agung ini hanya terlaksana karena kolaborasi yang baik dari Dompet Dhuafa, nasabah tercintanya, komunitas masyarakat di sekitarnya, pemerintah di Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah, dan seluruh #bankirpemberdaya yang turut menggerakan kegiatan ini.

“Bagi kami turut mewujudkan semua niat baik masyarakat Desa Sumber Agung untuk memiliki sarana air bersih berupa sumur bor dan tower air lebih cepat dengan cara yang tepat, adalah upaya kami untuk terus memberikan sumbangsih kembali kepada masyarakat yang telah mendukung BTPN Syariah selama ini. Terima kasih tak terhingga untuk seluruh nasabah dan warga Desa Sumber Agung,” pungkasnya. (Ega/rls/yud)

Komentar

Rekomendasi